alexametrics

Pemkot Magelang Mulai Gratiskan Toilet Umum

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Fasilitas toilet umum di Kota Magelang secara bertahap mulai digratiskan. Seperti keinginan Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz. Salah satu yang sudah menerapkan kebijakan ini adalah di pusat kuliner Tuin Van java (TVJ), Alun-alun Kota Magelang. Toilet gratis di alun-alun berlaku sejak 1 Januari 2022.

Sebelumnya, penggunaan fasilitas toilet umum di alun-alun berbayar Rp 2.000 untuk pengunjung. Namun kebersihannya terjaga. Dan dikelola pihak ketiga. Sekarang, pihak ketiga masih mengelolanya. Hanya saja, operasional untuk fasilitas toilet ini dibebankan kepada seluruh pedagang di TVJ.

“Ini perintah wali kota,” kata Ketua Paguyuban PKL Tuin Van Java Sugiyarto, Senin (3/1).

Ia berharap, fasilitas toilet gratis ini akan mendongkrak kunjungan ke TVJ. Meskipun diakui, pengeluaran paguyuban menjadi membengkak. Terselip harapan, kebijakan ini dievaluasi. Atau, sebagian beban biaya dibantu pemerintah. Mengingat masih pandemi Covid-19, dan keramaian pusat kuliner belum begitu pulih.

Baca juga:  Nobar di Perpustakaan Tanpa Rasa Bosan

Ia menghitung, biaya operasional untuk toilet tersebut Rp 9 juta per bulan. Belum ditambah pengeluaran biaya untuk perbaikan sarana dan prasarana yang rusak, maupun penyedotan limbah toilet. Pengeluaran bisa membengkak. Kemudian, paguyuban juga masih mengeluarkan biaya perawatan dan perbaikan untuk selter, membayar tagihan listrik dan air.

Yang bisa dilakukan pihaknya saat ini memaksimalkan penarikan iuran kepada seluruh pedagang. Baik yang berjualan maupun yang libur, Rp 250 ribu per bulan. “Ya untuk melengkapi dana yang kita butuhkan ini,” imbuhnya. Sebelum ini, tarikan iuran paguyuban hanya berlaku untuk pedagang yang berjualan.

Untuk diketahui, Wali Kota Magelang melontarkan keinginan toilet gratis di Kota Magelang sejak akhir Oktober 2021 lalu, saat dirinya bertemu dengan awak media. Salah satu alasannya, para pedagang di selter kuliner tidak pernah ditarik retribusi. Kemudian untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan wisatawan.

Baca juga:  Bawaslu Minta Rp 2,8 Miliar

Seorang pengunjung, Agustin menyambut baik kebijakan ini. Ia berharap toilet gratis ini diterapkan di semua fasilitas umum di Kota Magelang. Namun demikian, ia tetap berharap kebersihan toilet terjaga.

“Setuju. Karena kalau lagi main-main sama keluarga, misalnya berlima dan semuanya pakai toilet, ternyata pengeluarannya banyak,” ujarnya.

Pantauan koran ini, informasi bahwa fasilitas toilet ini gratis telah disampaikan melalui mural yang dibuat oleh DLH Kota Magelang. Pada dinding di pintu masuk toilet, terdapat gambar-gambar dedaunan dan beberapa jenis burung, serta tulisan “Toilet Gratis” berwarna putih. Namun paguyuban pedagang di TVJ akan memasang informasi tambahan di area dalam toilet. (put/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya