alexametrics

Petugas Swab Acak Pengunjung Taman Kyai Langgeng

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Sebagai langkah antisipasi munculnya kluster baru saat tahun baru, Polres Magelang Kota melakukan tes swab antigen di tempat wisata Taman Kyai Langgeng (TKL) Kota Magelang kemarin (26/12).

“Hal ini kita lakukan guna mencegah munculnya klaster Covid-19 di wilayah Kota Magelang,” ucap Kabag Ops Kompol Sri Wigiyanti usai mendampingi kegiatan swab acak.

Yanti mengatakan random swab test dilakukan guna mengetahui kondisi kesehatan para pengunjung. Ia berharap screening acak ini menjadi langkah antisipasi munculnya klaster baru, terutama saat perayaan natal dan tahun baru.

“Para wisatawan ini secara random di-swab oleh tim Dokkes Polres Magelang Kota. Swab ini tidak ada paksaan, apabila yang bersangkutan keberatan maka dari petugas pun tidak memaksakan,” jelasnya.

Baca juga:  Tersangka Tergiur Omzet dari Bisnis Ganja

Meski begitu, semua pengunjung patuh. Tidak ada yang menolak. Hasilnya, seluruh sampel negatif. Meski demikian, Kabag Ops Kompol Sri Wigiyanti mengajak masyarakat agar tetap taat pada protokol kesehatan.

“Ada tiga pengunjung TKL yang kita minta untuk melakukan tes swab antigen. Ketiganya berasal dari luar Kota Magelang, ada yang dari Yogyakarta, dan Alhamdulillah semuanya negatif,” tegasnya.

Selain itu, petugas juga memberikan imbauan kepada wisatawan, petugas parkir dan pedagang lain yang berada di sekitar objek wisata untuk tetap mematuhi aturan pemerintah terkait protokol kesehatan. Pihaknya juga meminta pengunjung untuk selalu melakukan scanning peduli lindungi, hal ini menjadi langkah untuk mendata pengunjung yang masuk.

Baca juga:  PMI Kota Magelang Siaga di Posko Kesehatan Alun-Alun

“Diharapkan melalui kegiatan ini, lonjakan penyebaran dan penularan Covid-19 dapat diantisipasi dan dicegah. Sehingga percepatan penanganan pandemi segera terwujud dan ekonomi serta wisata dapat kembali bangkit,” ucapnya.

Sementara itu, Putri Nisa salah satu pengunjung asal Yogyakarta mengaku kaget ketika disuruh swab. Namun, ia tidak menolak melakukan swab antigen. “Saya tidak masalah jika ada swab acak. Ini bisa menjadi langkah antisipasi di masa pandemi seperti saat ini,” ujarnya. (rfk/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya