alexametrics

Dinkes Kota Magelang Fasilitasi Kepesertaan JKN Lansia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang menyisir warga lansia kurang mampu yang belum memiliki jaminan kesehatan. Warga yang ber-NIK (Nomor Induk Kependudukan) Kota Magelang akan langsung didaftarkan menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Kepesertaannya pun langsung aktif.

“Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk lansia,” kata Kasi Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Magelang Mimin Triyanti di sela acara “PSC BERBAGI” di Kampung Habitat, Kelurahan Panjang, Minggu (26/12).

Rangkaian acara tersebut meliputi senam bersama, pemeriksaan kesehatan gula darah dan tekanan darah. Kemudian sosialisasi pelayanan JKN-KIS, Jemput Sakit Antar Sehat (JSAS), serta dan layanan Siaga Among Raga (Siamor).

Sosialisasi ini untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Utamanya yang mengalami kendala mobilitas menuju fasilitas pelayanan kesehatan. Baik karena terbentur biaya, transportasi, maupun keterbatasan fisik.

Baca juga:  Pemilik KIA Capai 74 Persen

Kegiatan PSC Berbagi ini akan berkelanjutan. Secara rutin, tim PSC 119 Kota Magelang akan berkeliling ke 17 kelurahan hingga tingkat RT. “Karena kita ingin masyarakat mengenal layanan-layanan kesehatan yang telah disiapkan oleh Pemkot Magelang,” ucapnya.

Dari kegiatan ini, Mimin bisa merasakan langsung manfaatnya. Ditemukan lansia yang sudah lama menetap di Kota Magelang, namun masih ber-KTP Kabupaten Purworejo. Ia mengimbau pindah kependudukan, agar bisa difasilitasi menjadi peserta JKN-KIS, sebagai penerima PB Pemda. (put/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya