alexametrics

Berbagi Kebaikan untuk Sesama

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Ibadah Natal di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Plengkung Kota Magelang berjalan aman. Jemaat khidmat menjalani misa Natal meskipun dilakukan dengan sangat sederhana.

Protokol yang diterapkan pihak gereja kepada jemaat sangat ketat. Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Semarang, Sabtu (25/12) para jemaat duduk di bangku-bangku yang telah diberi tanda oleh petugas untuk menjaga jarak satu sama lain.

Ketua Panitia Misa Natal 2021 GKJ Plengkung Kota Magelang Sri Wigati mengatakan untuk ibadah Natal tahun ini dilakukan dua kali. Hal ini untuk mengatur kuota jemaat yang hadir secara langsung, agar tidak terjadi penumpukan dan sesuai batasan yang sudah ditetapkan Pemerintah Kota Magelang. Yakni 50 persen dari kapasitas gereja.

Baca juga:  Mahasiswa PPMT Fokus ke Pendidikan Karakter

“Biasanya saat ibadah Natal, jemaat yang datang  bisa mencapai 600 orang. Namun, untuk malam Natal dan misa jumlah jemaat yang mengikuti ibadah tatap muka hanya 150 orang untuk sekali ibadah,” ujarnya kepada wartawan koran ini usai misa.

Pendeta Kristian Yudhi Nugroho dalam kotbah misa Natal mengatakan, Yesus yang telah lahir ke dunia 2000 tahun silam membawa terang bagi kehidupan manusia. “Kiranya sukacita Natal dapat terus kita rasakan dalam hidup,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menyambangi umat kristiani yang mengikuti ibadah di Gereja Santa Maria Fatima Magelang Sabtu (25/12). Wali Kota mengajak umat Katolik, Kristen dan umat beragama lain senantiasa menebar kebaikan dan kebahagiaan bagi sesama. Sikap ini menjadi bagian dari upaya mewujudkan Kota Magelang yang maju, sehat dan bahagia.

Baca juga:  Sakti Aulia Sulistyo, Atlet eSport Magelang Wakili Asia di eFootball Championship Pro 2022 XBOX

“Kita semua ingin membawa Kota Magelang maju, sehat dan bahagia. Bahagia itu apa, (yaitu) kalau kita mendapatkan kebaikan, maka kita juga memberikan kebaikan kepada orang lain. Kalau kita bisa makan enak, kita juga berikan makan enak pada orang lain,” ungkapnya.

Dokter Aziz mengucapkan selamat Natal 2021 kepada umat kristiani dan tahun baru 2022 kepada seluruh masyarakat. Dia berharap ada perubahan yang baik di masa yang akan datang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, kata dia, siap membantu pembangunan gereja, juga tempat ibadah agama lainnya. Melalui program-program yang telah disusun. Maka perlu dukungan umat, termasuk peran lembaga legislatif untuk mewujudkan perubahan yang lebih baik di Kota Magelang.

Baca juga:  Banyak Peralatan Damkar Tidak Layak

Romo Gereja Santa Maria Fatima Magelang Bonifasius Dwi Yuniato Nugroho, Pr menuturkan Gereja Santa Maria saat ini menuju digitalisasi dalam melayani umatnya terutama dalam perayaan misa. Pelaksanaan misa dan performance Natal juga disiarkan secara streaming melalui YouTube.

“Seperti yang dikatakan Wali Kota, bahwa berbagi kebaikan adalah kesempatan bagi kita semua. Semoga kerja sama yang sudah terjalin dengan Pemerintah Kota Magelang dapat berjalan baik,”ungkapnya. (rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya