alexametrics

Siswa SMK Muhammadiyah Magelang Ciptakan Hand Sanitizer Tanpa Alkohol

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Siswa SMK Muhammadiyah Magelang berhasil menciptakan hand sanitizer tanpa alkohol. Mereka mengekstrasi bahan herbal dari bunga telang dan daun sirih.

Inge Shintya, siswa kelas 11 Farmasi menggunakan metode maserasi dan thermostat. Sebelumnya, ia mengeringkan bahan-bahan bunga telang dan daun sirih dengan cara menjemurnya di bawah terik matahari. “Sambil nunggu kering, kita lakukan metode maserasi dan thermostat, memakan waktu tiga hari,” ujarnya, kemarin.

Kemudian ekstrak yang sudah di thermostat dicampur dengan gliserin, dan bahan lainnya. “Prosesnya nggak ribet,” akunya.

Zulfanova, siswa kelas 12 Bisnis Daring dan Pemasaran akan memasarkan produk yang diberi nama Cliteazer itu ke kalangan internal terlebih dulu, di lingkungan sekolah. Mengapa memilih alkohol ? Karena daun sirih adalah antiseptik alami. Tidak mengiritasi kulit. Juga ramah lingkungan. “Kami membuat produk ini, karena banyak yang mengalami iritasi seperti kulitnya kering, karena terlalu sering memakali hand sanitizer dengan bahan alkohol,” jelasnya.

Baca juga:  Peluang Emas Investasi Kesehatan di Kota Magelang

Kepala SMK Muhammadiyah Magelang Atiningsih bangga atas prestasi nonakademik siswanya. Selain produk hand sanitizer nonalkohol, para siswa kompetensi multimedia juga berhasil meraih juara satu pada kategori reels video competition, UII Business and Accounting Competition 2021. Kemudian dua kategori lain, yakni viddeo pembelajaran dari guru, dan lomba poster. (put/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya