alexametrics

SMA Negeri 5 Magelang Budayakan Literasi Sekolah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Dukungan terhadap gerakan literasi terus dilakukan SMA Negeri 5 Magelang. Salah satunya dengan mengikutkan siswa-siswinya dalam lomba menulis cerpen program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nasional yang digelar oleh Nyalanesia.

“Saya bangga dengan keberhasilan dan prestasi anak-anak dalam program gerakan menulis buku yang diselenggarakan oleh Nyalanesia,” jelas Kepala SMA Negeri 5 Magelang Sucahyo Wibowo kepada wartawan Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (21/12).

Cahyo mengatakan dengan program GSMB nasional ini, sekolah ingin menggiring anak-anak berpartisipasi aktif dalam menulis apapun. Baik itu artikel, cerpen, puisi sehingga dapat menghasilkan sebuah buku sendiri yang ber-ISBN.

Ia menambahkan sekolah sudah mengirimkan lebih dari 20 anak untuk mengikuti program ini. Diharapkan ke depan akan terus menyosialisasikan dan membudayakan literasi. Baik literasi digital maupun literasi tulis kepada semua civitas di SMA Negeri 5 Magelang.

Baca juga:  Potensi Kota Magelang Sejajar dengan Tula Rusia

“Sehingga kita semua dapat mempunyai budaya berliterasi yang baik. Terutama di tengah-tengah literasi digital saat ini yang kurang sehat. Hal inilah menjadi penangkal dan menetralisir anak-anak agar berliterasi yang positif,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi keikutsertaan siswa dalam program GSMB nasional dan berhasil meraih juara Lomba Menulis Cerpen, sekolah memberikan penghargaan kepada siswa-siswinya. Juara 1 Fitrianda Bambang Kurniawan kelas XI MIPA 1, juara 2 Anifah Desy Widyasari kelas XII Mipa 2, juara 3 Arvita Aulandini kelas XI Mipa 3.

Fitrianda Bambang Kurniawan mengaku bahagia dengan hasil yang diraih di akhir tahun 2021. Menulis cerpen ini menjadi hobinya. “Dan ingin menghasilkan karya-karya dengan menulis ini,” ujarnya. (rfk/lis)

Baca juga:  Belasan Warga Tegalrejo Dites Swab

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya