alexametrics

Kunci Sukses Bukan Hanya Indeks Prestasi Tinggi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Menjelang akhir 2021, Universitas Tidar (Untidar) Magelang berhasil meluluskan 400 wisudawan. Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya ke 59 Universitas Tidar Sabtu (18/12) menjadi wisudawan terbanyak dari dua wisuda sebelumnya.

“Meskipun masih dalam kondisi pandemi semangat dari mahasiswa masih cukup tinggi, hasilnya jumlah peserta wisuda ke-59 ini ternyata lebih banyak jumlahnya dari dua wisuda sebelumnya,” ucap  Rektor Universitas Tidar Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin.

Dalam prosesi wisuda yang berlangsung khidmat dan tenang, Arifin berpesan kalau kesuksesan tidak akan datang hanya dengan predikat lulus kuliah dan ijazah. Menurutnya lulus dan mendapatkan ijazah dari perguruan tinggi bukan jaminan terhadap kesuksesan di saat yang akan datang. Apalagi wisudawan lulus pada masa pandemi Covid-19 serta revolusi industri 4.0, di mana kondisi ekonomi tidak stabil dan mulai bermunculan peluang pekerjaan baru yang mungkin sebelumnya belum ada.

Baca juga:  Pengadilan Agama Magelang Selesaikan 276 Perkara

Ia meminta para lulusan banyak berkontribusi untuk masyarakat meski perkembangan teknologi dan organisasi kehidupan sosial menyebabkan terjadinya perubahan dalam praktik kehidupan. Harapannya wisudawan dan wisudawati mampu menjadikan ilmunya untuk bekal masuk dalam bermasyarakat. “Adanya kontribusi yang besar kepada masyarakat, bisa jadi modal untuk menjadi orang sukses kedepannya,” ujarnya.

Arifin mengatakan kunci menjadi sukses bukan hanya lulus dengan indeks prestasi (IP) tinggi. Tetapi juga harus memiliki keterampilan. Menurutnya soft skills adalah hal yang penting untuk menunjang seseorang menjadi sukses. Dimanapun dan apapun pekerjaannya harus memiliki soft skill untuk sukses. “Kemampuan berkomunikasi dan berpikir seseorang untuk memahami diri kita itu adalah ciri manusia sukses,” ucapnya.

Baca juga:  Kaji Habeb Persembahkan Rajah Watu Anteng di Pembuka HSN

Ia berharap kepada wisudawan untuk selalu rendah hati dan selalu menjaga rasa hormat kepada orang tua dan guru. “Dengan kita menghormati mereka menjadikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki menjadi berkah,” jelasnya.

Dalam proses wisuda ke-59, hanya wisudawan yang diperbolehkan masuk ke lokasi pewisudaan. Prosesi wisuda akan disiarkan secara langsung lewat Youtube Universitas Tidar sehingga keluarga dapat menyaksikan dari rumah atau lokasi masing-masing. Selain itu sebelum masuk ke tempat wisuda, wisudawan wajib rapid antigen dan bagi yang tidak menyertakan hasil antigen negatif disediakan GeNose oleh panitia.

Wisudawan terbaik diraih Rismayanti dari program studi (prodi) S1 Ilmu Administrasi Negara dengan IPK 3,75 dan terbaik kedua Kevin Aditia wisudawan prodi S1 IPA dengan IPK 3,72. Wisudawan terbaik pertama mendapatkan penghargaan dari BRI Magelang sebesar Rp 1 juta dan terbaik kedua sebesar Rp 750 ribu yang diserahkan oleh Sri Widiyati Kepala Unit BRI Karang Gading, Magelang.

Baca juga:  Perpustakaan Umum Kota Magelang Terbaik Kedua se-Jateng

“Tahun 2021 ini total jumlah yang diwisuda adalah 966 wisudawan, jumlah ini diprediksi akan meningkat pada tahun depan karena ada beberapa prodi baru yang telah meluluskan mahasiswanya seperti Manajemen, Komunikasi dan Hukum,” ucap Arifin. (rfk/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya