alexametrics

Selama PKL, Prokes Tak Boleh Kendor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Siswa SMK Citra Medika Kota Magelang diharapkan menjadi pelopor penegakkan protokol kesehatan (prokes) di tempat praktik kerja lapangan (PKL). Sebagai siswa dari sekolah kesehatan, mereka harus menjadi contoh masyarakat.

Kepala SMK Citra Medika Kota Magelang Hendratno Widhiatmanto bercerita, PKL di masa  pandemi tidak bisa dianggap enteng. Siswa memikul beban lebih. Mereka harus bisa menjaga prokes, karena menyangkut keselamatan kesehatan orang lain.

“Mereka ini akan PKL di rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, apotek, sehingga akan bersinggungan dengan banyak orang. Kami keras ingatkan, prokesnya jangan sampai kendor,” tegas Hendro, sapaan akrabnya, di ballroom Grand Artos Hotel and Convention, Kamis, (16/12).

Baca juga:  Diresmikan, MPP Kota Magelang Percepat Pengurusan, Tanpa Praktik Haram

Hendro ingin prokes menjadi budaya. Tidak hanya ditaati saat siswa berada di lingkungan kerja. Tapi juga ketika beraktivitas di luar. Selepas PKL, tidak boleh nongkrong-nongkrong. Waktu digunakan untuk beristirahat. “Ingat 5M, jauhi kerumunan, tetap menjaga kesehatan, karena waktu PKL ini cukup lama, sampai tiga bulan,” tandasnya.

Tidak kalah penting adalah menjaga etika dan menyiapkan mental. Sebelum diterjunkan ke lahan PKL, para siswa mengikuti ucap sumpah janji kesehatan (USJK) di hadapan guru dan orang tua. USJK kali ini menghadirkan suasana Jepang. Para guru dan pengisi acara mengenakan pakaian kimono.

Area panggung juga dihiasi dengan replika pohon sakura. Konsep ini sesuai dengan tema yang diusung pada USJK untuk menjadi tenaga kesehatan yang unggul dan berkualitas, serta siap bersaing secara internasional.

Baca juga:  Hujan Angin, Puluhan Pohon Roboh

SMK Citra Medika Kota Magelang terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan (PK) pekerja migran sebagai caregiver di Jepang yang ditunjuk Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemenristek).

Sabrina Aulia Rahma siswa kelas XI keperawatan ini antusias mengikuti USJK. Ia berjanji memberikan yang terbaik selama PKL di salah satu puskesmas di Kota Magelang.

“Rasanya senang mau PKL. Merasa sekolah itu bahagia, karena materi dan kegiatan di sekolah disampaikan dengan sangat menyenangkan,” akunya. (put/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya