alexametrics

Waspada Peningkatan Mobilitas Warga di Akhir Pekan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang mengamati terjadi peningkatan mobilitas masyarakat sejak Kota Magelang masuk pada kondisi PPKM level 1. Terutama saat Sabtu malam, dan Minggu. Lalu lintas kendaraan meningkat sampai 30 persen.

Kepala Dishub Kota Magelang Candra Wijatmiko Adi menghitung, Minggu, (5/12) ada 162.189 kendaran yang melintasi Kota Magelang dalam sehari. Atau sekitar 1,4 persen peningkatan terjadi di tiap simpangnya.

Kondisi ini menunjukkan aktivitas masyarakat mulai pulih. Di sisi lain menjadi kewaspadaan meningkatnya risiko penyebaran virus. “Ini indikasi bahwa level 1 seperti normal,” ujarnya, kemarin.

Tingginya mobilitas masyarakat ini menyebabkan terjadinya beberapa antrean panjang di persimpangan Kota Magelang. Salah satunya di simpang Canguk. “Ini bukan karena salah pengaturan, tapi karena memang arus lalu lintasnya yang ramai,” terangnya.

Baca juga:  Kerja Bakti Sambut HUT Kemerdekaan

Karena itu, dalam rangka persiapan menjelang tahun baru 2022 yang aman dari Covid-19, pihaknya akan melakukan pembatasan menuju arah kota. Ia menargetkan, terjadi penurunan mobilitas masyarakat. Pihaknya akan menguatkan koordinasi dengan beberapa pihak terkait, baik dengan pusat, provinsi, dan juga daerah sekitar.

“Kita yang di daerah juga akan melakukan proteksi, dan mengimbau kepada masyarakat lokal untuk mengurangi perjalanan,” ucapanya.

Selain itu, para penumpang yang turun di Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang akan dicek suhu tubuh. Para penumpang yang turun dan memiliki tujuan ke Kota Magelang akan dilaporkan identitasnya ke Satgas Covid-19, juga kelurahan.

Jika ada penumpang dengan suhu tinggi, akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab antigen atau pemeriksaan deteksi dini Covid-19.

Baca juga:  Siswa SMK Muhammadiyah Magelang Ciptakan Hand Sanitizer Tanpa Alkohol

Sementara itu, pembatasan menjelang Nataru, Satpol PP Kota Magelang akan mengerahkan kekuatannya. Sebanyak 20 personel pamong praja akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan, bersama dengan TNI, Polri, dan Dishub. Lalu, menggencarkan patroli dengan fokus di titik-titik kerumunan. “Kita juga akan menerjunkan linmas selama pengamanan,” pungkasnya. (put/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya