alexametrics

Pendampingan UMKM Perlu Diperluas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang Christanti Handayani menilai UMKM bisa menciptakan pembangunan ekonomi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Terlebih, Kabupaten Magelang memiliki kawassan destinasi superprioritas Borobudur. Oleh karrenanya, perlu dukungan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lintas sektoral.

“Mari kita manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya dengan mengembangkan bisnis UMKM dan berkolaborasi dengan sektor pariwisata,” kata Christanti belum lama ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperiner) Kabupaten Magelang Sukamtono mengatakan, UMKM menjadi cikal bakal tumbuhnya usaha besar. Selain itu juga berperan dalam pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja. “Lebih dari 109 ribu UMKM di Kabupaten Magelang, selama ini telah memberikan kontribusi yang besar dalam menggerakkan roda perekonomian,” ujar Sukamtono.

Baca juga:  Penjualan Membaik, Pembeli Motor Tunai Mendominasi

Salah satu pelaku UMKM Ita Sarifah mengamini hal ini. “Tidak bisa dimungkiri justru di masa pandemi ini yang bisa bertahan pelaku UMKM,” ungkap Ita Minggu (12/12).

Kendati demikian, pelaku UMKM membutuhkan bantuan pemerintah. Menurut pemilik usaha kuliner ampyang ini, pemerintah perlu menjembatani pelaku UMKM dengan para buyer. Baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, memberikan kemudahan dalam pengurusan izin usaha, serta memberi informasi terkait program-program UMKM secara luas. “Selama ini sudaha ada upaya untuk itu tapi menurut saya masih eksklusif. Banyak pelaku UMKM yang belum tersentuh fasilitas dinas,” bebernya. (rhy/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya