alexametrics

MAJT Kabupaten Magelang Digarap Awal 2022

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPU BMCK) Jawa Tengah akan memulai pengerjaan fisik proyek pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Kabupaten Magelang pada awal 2022 mendatang. Targetnya proyek rampung tahun 2023.

Saat ini DPU BMCK tengah memasuki proses lelang. Maksimal memakan waktu 45 hari. Sedangkan Detail Engineering Design (DED) dan master plan sudah siap.

Kepala DPU BMCK Hanung Triyono berharap perizinan dari pihak Unesco berjalan lancar. Pasalnya Masjid An-Nur di Kelurahan Sawitan, Kecamatan Mungkid, tersebut merupakan bangunan bersejarah. Sehingga perizinan Unesco menjadi hal esensial dalam pengerjaan proyek.

“Kita siapkan anggaran Rp 30 miliar untuk menggarap lahan proyek seluas 4,9 hektare ini,” terang Hanung kepada Jawa Pos Radar Semarang.

MAJT merupakan salah satu prioritas dalam RPJMD Provinsi Jawa Tengah 2018-2023. Proyek multiyear itu, akan diintegrasikan dengan konsep Islamic centre yang berpotensi menjadi pusat studi dan kegiatan religi lainnya. Seperti pertemuan haji, kajian terbatas, hingga pengajian akbar.

Baca juga:  Kota Magelang Genjot Capaian SAKIP

Letaknya yang berada dalam satu kawasan wisata Candi Borobudur juga digadang akan menambah daya tarik wisata. Sehingga wisatawan lokal maupun mancanegara memiliki banyak pilihan saat berkunjung.

Hanung menjelaskan MAJT di Magelang cenderung menonjolkan kearifan lokal. Konsep bangunan identik menggambarkan Islam Jawa dan tidak terlalu modern. Lokasinya pun terletak di kawasan yang asri, sehingga menjadi tempat wisata religi yang sempurna.

“MoU dengan DPUPR Magelang sudah sejak 2019, lalu DED sudah terpilih dari hasil sayembara, pembebasan lahan juga sudah selesai, tinggal tahun depan eksekusi setelah lelang beres,” tandasnya.

Di luar pembangunan MAJT Magelang, pihaknya masih merampungkan proyek Flyover Ganefo. Targetnya 2022 dapat selesai agar segera berfungsi. Kemudian untuk peningkatan jalan, pihaknya bakal menggarap 20 km yang tersebar di beberapa ruas. (taf/zal)

Baca juga:  Sebelum Ujian SIM, Boleh Latihan Dulu

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya