alexametrics

Dua Hari, Akses ke Alun-alun Magelang Dibatasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Pemkot Magelang mengantisipasi potensi kerumunan jelang malam Tahun Baru 2022. Kebijakan khusus pun diambil. Mulai 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022, akses menuju kota akan dibatasi dengan penyekatan.

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz beralasan, kawasan alun-alun sebagai pusat kota akan menjadi jujukan warga untuk menikmati malam pergantian tahun. Jika tidak dibatasi, ia khawatir akan berpotensi pada penyebaran Covid-19. Sementara kasus Covid-19 di Kota Magelang sejak pertengahan November sampai sekarang nihil.

“Tapi kulinernya boleh buka, sesuai aturan kapasitas pengujungnya 25 persen,” ujarnya usai rapat koordinasi kesiapan Kota Magelang dalam menghadapi Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022, di aula Adipura Kencana, Senin (6/12).

Baca juga:  Harga Elpiji 12 Kg Naik Rp 25 Ribu

Meski tidak menutup total, ia harap masyarakat bisa menahan diri untuk mengurangi mobilitas saat malam tahun baru. Sehingga prediksi Covid-19 gelombang tiga, tidak terjadi. Tetap patuhi protokol kesehatan, 5M,” pesannya.

Dia juga menegaskan, tidak ada pesta kembang api pada malam pergantian tahun. Personel TNI, Polri, dan Satpol PP dibantu Linmas juga akan berkeliling mengontrol jumlah massa di alun-alun, dan tempat-tempat keramaian.

Pihaknya meminta lurah se-Kota Magelang untuk mengaktifkan lagi Satuan Tugas Jogo Tonggo di tingkat RT dan RW. Salah satu tugas mereka adalah wajib melaporkan bila ada tamu luar daerah yang menginap selama pembatasan diberlakukan.

Sementara pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, Pemkot Magelang kembali menerapkan pembelajaran jarak jauh. Pembagian rapor pada awal semester genap di Januari 2022. Para guru dan siswa belajar daring, dan hanya libur pada akhir pekan. Yaitu di hari Natal dan tahun baru 1 Januari 2022.

Baca juga:  PMI Antisipasi Bencana, Piket Satu Kali 24 Jam

Jika ada pesta pernikahan, hajatan, dan sejenisnya, harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan seni budaya dan olahraga untuk sementara ditiadakan mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Aziz menambahkan, aparatur sipil negara (ASN) dilarang izin cuti pada saat masa PPKM level 3 serentak. Pihaknya siap menerapkan sanksi yang tetap nekat bepergian tanpa izin. ”Kecuali untuk keperluan mendesak, dan itupun harus izin,” tuturnya.

Wakil Wali Kota Magelang Kiai Mansyur mengimbau agar masyarakat melakukan kegiatan ibadah, ketimbang keluar untuk malam tahun barunan. (put/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya