alexametrics

Cegah Banjir, Bahu Membahu Bersihkan Sampah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Anggota Koramil Ngluwar Kodim 0705/Magelang bahu membahu bersama warga dan relawan mencegah terjadinya banjir. Kali ini melakukan kerja bakti membersihkan sampah yang menyumbat lorong di bawah jembatan Dusun Bakalan Desa Bligo Minggu (21/11).

Para relawan ini berasal dari dua wilayah, yakni Relawan Sigap Merapi, Relawan LPBD Desa Bligo, JME-R Sleman dan warga Dusun Bakalan, Dusun Celep, Sumberejo Kecamatan Tempel. “Kami bersama-sama membersihkan sampah ranting pohon dan kotoran lainnya yang menyumbat lorong air di bawah jembatan,” kata Serda Agus Susanta, Babinsa dari Koramil Ngluwar.

Dalam pengamatannya, banjir selama ini terjadi akibat tersumbatnya saluran air oleh sampah dan sedimentasi. Jika aliran sungai terhambat, air sungai terancam meluap dan menyebabkan banjir. “Kepada masyarakat, mari kita sama-sama peduli kepada lingkungan agar tetap terjaga dan terhindar dari bencana alam,” ucap Serda Agus.

Baca juga:  PPKM Mikro Diberlakukan, Artos Mall Buka Lebih Lama

Sebelum melakukan pembersihan sampah di bawah jembatan aliran Sungai Krasak yang menghubungkan dua wilayah Kecamatan Ngluwar dan Kecamatan Tempel, pihaknya sudah melakukan musyawarah dengan pihak desa dan Kepala Dusun (Kadus) Bakalan. Hasilnya disepakati kerja bakti pembersihan sampah yang menyumbat lorong di bawah jembatan.

“Ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir agar air tidak sampai naik ke permukaan jembatan atau meluap hingga ke perkampungan warga,” jelasnya. (rfk/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya