alexametrics

Kerajinan Magelang Siap Terbang ke Rusia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang — Pemkot Magelang mencoba mengawinkan kegiatan pameran kerajinan dengan promosi objek wisata di Kota Magelang. Magelang Craft Expo 2021 pun digelar di Taman Kyai Langgeng (TKL), 13-14 November.

Acara ini bertujuan untuk membangkitkan usaha industri kecil menengah (IKM) dan pariwisata yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menyebut sudah banyak daerah di luar sana yang menyelenggarakan pameran di tempat wisata. Ia mencoba meniru. Mengintegrasikan keduanya. “Apalagi di sini pengunjungnya bisa 6.000 sampai 8.000 orang per hari, kita juga ingin menjaring itu,” jelas dia Sabtu (13/11/2021).

Aziz sengaja tidak mematok target penjualan dalam pameran kali ini. Paling penting, produk IKM dan UMKM dari warganya bisa dikenal masyarakat luas.

Baca juga:  Tingkir Lor Kembangkan Wisata Digital

“Acara ini juga fasilitasi kami untuk membantu mereka dari segi pemasaran, dan kalau bantuan modal sudah dapat BPUM dan bisa mengakses permodalan di Bank Magelang,” ungkapnya.

Setelah berkeliling, dia melihat potensi IKM luar biasa. Tangan-tangan terampil warganya menghasilkan produk yang layak dilirik konsumen. Ia mendorong pengrajin lebih berkembang.

Karena ia punya rencana memasarkan produk fashion dan kerajinan ke Kota Tula, Rusia pada Mei mendatang. Hal ini sebagai tindak lanjut program sister city. “Dari pameran ini, kita lihat mana yang layak ekspor,” tandasnya.

Namun demikian, ia belum bisa membocorkan jumlah IKM yang akan diajak terbang ke sana. “Berapa yang akan kita bawa, kita hitung dari (kemampuan, Red) anggaran yang kita punya,” ujarnya.

Baca juga:  Ngeri, Korban Dukun Pengganda Uang di Magelang Ternyata 4 Orang, Polisi: Semoga Sudah Tidak Ada Korban Lagi

Soal hubungan dengan Kota Tula, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang Catur Budi Fajar Sumarmo turut bersuara. Awal November ini, pihaknya mengirim puluhan bungkus kopi, kerupuk teri, dan aneka sambal untuk mendukung festival kopi di Kota Tula. (put/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya