alexametrics

PMI Antisipasi Bencana, Piket Satu Kali 24 Jam

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Cuaca di Kota Magelang dan sekitarnya yang terus diguyur hujan berpotensi bencana alam. Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang melakukan apel kesiapsiagaan bencana.

Ketua PMI Kota Magelang Sumartono mengatakan PMI berperan penting dalam kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) November sampai Februari diperkirakan ada fenomena Lanina, biasanya diawali dengan curah hujan tinggi, angin kencang dan puting beliung.

“Kita akan selalu siap dalam kesiapsiagaan bencana. Baik membantu di wilayah Magelang maupun di luar daerah yang membutuhkan,” ujarnya usai memimpin apel kesiapsiagaan bencana, Jumat (12/11) di halaman markas PMI Kota Magelang.

Ia juga berpesan kepada anggotanya peralatan yang ada selalu dipantau sehingga jika ada bencana selalu siap. Dalam hal menanggulangi bencana, lanjut Sumartono, PMI Kota Magelang siaga untuk memberi pertolongan kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kota Magelang.

Baca juga:  17 Pendonor Terima Penghargaan

“Supaya maksimal PMI juga adakan piket 1×24 jam. Jadi kalau suatu saat terjadi bencana, kami siap untuk terjun ke lokasi,” ucapnya.

Sumartono menambahkan saat ini PMI terus berupaya membantu Pemkot Tangerang dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Pada tahun ini PMI terus mengembangkan tim Siaga Berbasis Masyarakat (Sibat). “Saat ini hampir semua PMI di kecamatan sudah membentuk tim Sibat untuk mengantisipasi bencana yang ada di wilayah masing-masing,” ucapnya. (rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya