alexametrics

Kerja Sama Riset dan Data Untidar Gandeng GambaranBrand

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Membantu meningkatkan potensi wisata di wilayah Magelang, GambaranBrand menjalin kerja sama dengan Universitas Tidar (Untidar).

Arto Soebiantoro, direktur utama Gambaranbrand mengatakan kerja sama dengan Untidar ini akan membantu dalam upaya melakukan riset serta menyiapkan data.

“Riset ini akan menjadi faktor utama dalam menentukan langkah yang akan diambil dalam pengembangan tempat wisata di Dusun Butuh, Nepal Van Java,” ucapnya usai penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama di gedung 3 Fakultas Teknik, Untidar, Rabu (10/11).

Nepal Van Java Dusun Buruh dipilih karena termasuk kawasan lama yang sudah banyak diketahui orang. Arto mengakui Nepal Van Java untuk natural beauty sudah cukup kuat. Namun, kekurangannya juga masih banyak.

Baca juga:  Petugas Balai Konservasi Sering Temukan Permen Karet dan Puntung Rokok di Batu Candi Borobudur

Yang paling sederhana jumlah toilet berbanding jumlah pengunjung. Selain itu, tempat duduk untuk beristirahat atau untuk bersantai masih kurang. “Jadi masih perlu ada penambahan konten, karena menurut pandangan kita Nepal ini seperti sebuah bangunan yang kosong,” jelasnya.

Selain itu, di Nepal van Java tidak ada makanan yang khas. Makanya perlu penambahan dan inovasi baru, untuk menarik wisatawan.

“Untuk itu, kita sempat mengundang food curator untuk meneliti apakah ada makanan yang cocok untuk daerah ini dengan bahan yang ada di sekitar lokasi wisata,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Untidar Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin mengatakan Untidar akan terus berkomitmen ikut mendampingi dalam mengembangkan desa-desa wisata di Magelang.

Baca juga:  Untidar Raih Predikat Informatif

“Mari kita manfaatkan kerja sama ini dengan membangun Dusun Butuh melalui cara berbeda. Situasi masyarakat saat ini sudah berbeda, misal dengan smart tourism,” kata rektor. Ia menambahkan pendampingan yang dilakukan, seperti menyiapkan dan meningkatkan infrastruktur, dan mengembangkan sumber daya masyarakat. (rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya