alexametrics

10 Bulan, Damkar Kota Magelang Evakuasi 53 Sarang Tawon

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Selain bertugas memadamkan si jago merah, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Magelang juga melayani masyarakat dalam berbagai hal. Mulai dari mengevakuasi sarang tawon, penyelamatan sapi masuk sumur, pelepasan cincin, penanganan korban kecelakaan lalu lintas, dan sebagainya.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Magelang Pujo Raharjo mengatakan permintaan yang paling sering masuk ke Damkar Kota Magelang adalah evakuasi sarang tawon. Sejak Januari sampai Oktober, Damkar Kota Magelang sudah mengevakuasi sekitar 53 sarang tawon.

Angka ini sedikit mengalami kenaikan dibandingkan 2020, pada bulan yang sama mencapai angka 45. “Selain itu, pemusnahan ulat bulu yang mengganggu warga juga pernah kita lakukan,” jelasnya

Baca juga:  Konsumsi Air Berkualitas Buruk Berisiko Stunting

Tugas evakuasi sarang tawon bukan tanpa risiko. Tak jarang, mereka sering kena sengatan. “Kalau belum pernah disengat malah tidak afdol,” ujarnya tertawa.

Seringnya, tim damkar Kota Magelang mengevakuasi tawon ketika hari sudah petang. Sebab lebih efisien. Mengingat di waktu tersebut tawon sudah masuk sarang. Selain itu, jika berada di pohon pihaknya lebih efisien dan cepat membakarnya menggunakan api.

Namun, kalau di rumah petugas lebih menggunakan secara manual. “Kalau siang, masih banyak yang di luar. Kadang sisa (tawon) yang masih di luar akan membuat rumah baru lagi di radius 20-an meter,” ujarnya. (rfk/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya