alexametrics

Polres Magelang Siap Amankan Borobudur Marathon

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Polres Magelang siap mengamankan penyelenggaraan lomba lari berkelas internasional Borobudur Marathon (BorMar) 2021 yang akan berlangsung di Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Magelang, 27-28 November 2021 mendatang.

”Ini kan event besar, menjadi brand Magelang, Jawa Tengah dan Indonesia. Polres Magelang siap all out mengamankan Borobudur Marathon, terutama pada pelari yang akan tampil di ajang tersebut,” kata Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK saat dihubungi Minggu (31/10/2021).

Terkait jumlah personel, akan menyesuaikan kondisi di lapangan nanti. Sebab, jumlah personel baru diketahui setelah melakukan rapat koordinasi bersama dengan panitia penyelenggara dan elemen terkait. “Namun yang pasti, pengamanan lebih ekstra. Karena penyelenggaraan BorMar melibatkan pelari, unsur teknis lomba, dan tamu undangan,” katanya.

Baca juga:  Polisi Dalami Dugaan Penggelapan Ketua DPC Demokrat Kota Magelang

Seperti diketahui, BorMar 2021 akan digelar secara offline dan virtual selama dua hari Sabtu-Minggu (27-28/11/2021). Lari offline yang diikuti pelari elite nasional akan digelar pada 27 November dengan menggelar nomor marathon di dalam lokasi TWCB. Keesokan harinya 28 November diperuntukkan untuk umum dengan melombakan half marathon berbarengan start virtual marathon.

Kapolres juga menekankan, fokus pengamanan di BorMar 2021 juga terkait dengan upaya pencegahan lonjakan kasus Covid-19 di Magelang. Karena itu, dia meminta kepada pihak yang terlibat dalam BorMar ini untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Sejak destinasi wisata Candi Borobudur dibuka, lanjut Kapolres, keamanan kawasan masih terkendali. Meskipun dibuka, wisatawan yang berkunjung ke candi dikenai persyaratan yaitu penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk wisatawan atau kartu vaksin.

Baca juga:  Siapkan Pengamanan Borobudur Marathon

Sajarod berharap, event BorMar 2021 bisa kembali memulihkan roda perekonomian masyarakat yang sempat terganggu akibat pandemi Covid-19. Pasalnya, event ini bisa menghadirkan lagi wisatawan, menggerakkan aktivitas pedagang, pelaku UMKM dan pemilik homestay. (rls/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya