alexametrics

Perpustakaan Umum Kota Magelang Mulai Buka, Pengunjung Dibatasi 50 Orang Tiap Shift

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Kerinduan para pustakawan terbayar sudah. Sebab, Perpustakaan Umum Kota Magelang mulai buka operasional, sejak Kota Magelang turun ke PPKM level 2.

Namun jumlah pengunjungnya masih dibatasi hanya 25 persen atau hanya 50 orang tiap shift, dari kuota normal 200 orang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kota Magelang Arif Barata Sakti mengaku lega bisa kembali membuka pelayanan. Sebab, banyak masyarakat yang rindu membaca buku di perpustakaan.

“Sekarang sudah bisa, namun untuk jadwal pengunjung dibatasi dan terbagi dalam dua sif, ujarnya, kemarin.

Sif pertama, pukul 07.30 sampai 10.30. Kedua mulai pukul 11.00 sampai 14.00. “Di sela pergantian sif satu dan sif dua, kami lakukan penyemprotan disinfektan dari pukul 10.30 sampai 11.00,” terangnya.

Baca juga:  Doakan Pembeli, dan Jadikan Pelanggan sebagai Saudara

Selama berada di dalam perpustakaan, pengunjung tidak boleh lepas masker. Agar tidak terjadi kerumunan saat memilih buku, petugas mengimbau untuk bergantian. Pihaknya mengoptimalkan aplikasi iMagelang. Sehingga anggota perpustakaan dapat meminjam buku secara online.

Bagi dia, perpustakaan dikunjungi 33 orang pada hari pertama buka di masa PKKM level 2 adalah kebanggaan. Meski begitu perlu dipacu. Ia akan memprogramkan bagi-bagi masker gratis agar masyarakat tertarik mengunjungi perpustakaan. “Hari Kamis, kita akan bagikan 100 masker kepada pengunjung, dan Jumat 50 masker,” tutur Arif.

Pihaknya belum memberlakukan skrining menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Saat ini, masih dalam proses pengadaan kode QR. Selain itu, akan menambah koleksi buku tentang Covid-19.

Baca juga:  Tujuh Kios di Dusun Krincing Ludes Terbakar

Pengunjung, Nabila, 19, mengaku lebih tertarik membaca buku di perpustakaan. Suasananya lebih tenang. “Walaupun ada banyak penyesuaian karena Covid-19, tapi saya nggak keberatan. Sudah boleh baca buku di perpustakaan, sudah alhamdulillah,” ucapnya.  (put/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya