alexametrics

Targetkan Sertifikat 85 Bidang Tanah Pemkot

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – ATR/BPN Kota Magelang menyerahkan dua sertifikat tanah kepada Pemkot Magelang. Penyerahan itu bertepatan dengan peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (ATR) Nasional ke-61, Jumat (24/9/2021) pagi.

“Untuk sementara baru dua sertifikat tanah milik Pemerintah Kota Magelang yang kami serahkan secara simbolis. Kami targetkan tahun ini 85 bidang tanah milik Pemkot Magelang dibuatkan sertifikat,” ungkap Kepala Kantor Pertanahan Kota Magelang Muhun Nugraha kepada wartawan Radar Magelang usai upacara yang dipimpin Wali Kota Magelang dr Muchaman Nur Azis di halaman kantor ATR/BPN Kota Magelang.

Nugraha mengatakan untuk mencapai 85 bidang bersertifikat ini perlu kerja sama dengan Pemkot Magelang. Tahun depan ada 54 bidang tanah milik Pemkot yang disertifikatkan. Dengan total 139 bidang tanah yang akan dibuatkan sertifikat.

Baca juga:  Waspada Peningkatan Mobilitas Warga di Akhir Pekan

“Wali Kota Magelang dan Sekda juga sudah menyanggupi di hadapan Menteri Pertanahan dan KPK untuk membantu menyiapkan pembuatan sertifikat tanah ini,” ujarnya.

Pihaknya sudah menyiapkan beberapa program terkait pertanahan. Yakni inventarisasi tahan instansi pemerintah (Intip) dan pembangunan kota lengkap, serta pembangunan menuju zona integritas bebas korupsi.

Program Intip sekaligus mendukung persiapan sertifikat lektronik. “Program sertifikat elektronik ini akan diawali dari pembuatan sertifikat aset-aset milik BPN Kota Magelang. Jika berhasil, dilanjutkan ke pembuatan sertifikat elektronik milik pemerintah, tanah-tanah yang berbadan hukum, baru ke tanah milik masyarakat.

Nugraha berpesan kepada masyarakat untuk tidak khawatir tentang pembuatan sertifikat elektronik. Karena, ini program jangka panjang ATR/BPN  agar pelayanan lebih mudah. Ia mengatakan sempat ada isu kalau sertifikat akan ditarik oleh BPN. Nugraha menegaskan hal ini tidak benar. Pihaknya tidak begitu saja langsung menarik sertifikat masyarakat. Karena ada prosedurnya.

Baca juga:  Ratusan Simpatisan Sambut Rekomendasi Aji-Windarti

“Jika ada oknum yang mengaku sebagai pegawai BPN atau siapa saja yang akan menarik sertifikat untuk pengurusan sertifikat elektronik, itu tidak benar,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Azis berharap ATR/BPN Kota Magelang semakin baik. Pelayanan pengurusan tanah juga semakin meningkat. “Kami berharap mereka melayani dengan hati, dengan cermat dan tepat,” harap Aziz. (rfk/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya