alexametrics

Bantuan Atensi Dorong Disabilitas Mandiri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Sebanyak 19 disabilitas fisik di Kota Magelang menerima bantuan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Secara rinci, 13 orang mendapat bantuan kewirausahaan, empat orang menerima bantuan aksesbilitas, dan layanan residensial dua orang.

Bantuan ini disalurkan melalui Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof Dr Soeharso Surakarta. Sedangkan atensi, merupakan layanan rehabilitasi sosial menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas atau residensial.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang Bambang Nuryanta mengungkapkan, bantuan kewirausahaan yang diberikan antara  lain untuk kerajinan tangan, warung kelontong, usaha tata boga, usaha menjahit, usaha laundry, usaha sablon, usaha pijat urut, dan ternak ayam.

Baca juga:  Vaksin PMK Harus Habis 36 Jam

“Sedangkan bantuan aksesbilitas berupa alat bantu brace dan kursi roda. Kalau untuk layanan residensial merupakan layanan rehabilitasi sosial di dalam balai dalam kurun waktu tertentu sesuai kebutuhan,” ungkapnya, Senin, (20/9/2021).

Menurut dia, program atensi ini wujud perhatian pemerintah kepada pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS). Khususnya penyandang disabilitas fisik. Bantuan ini juga untuk mengatasi pandemi Covid-19.

“Pemerintah hadir memberikan dorongan melalui program ini dan pendekatan dalam membantu masyarakat kelompok rentan. Agar tetap bangkit untuk mandiri dan berkarya,” ujarnya.

Penyuluh Sosial Ahli Muda Dinsos Kota Magelang Dwi Ambar Pratiknyo menambahkan, bantuan itu sangat bermanfaat bagi disabilitas dan keluarga. Dengan layanan ini, ia berharap dapat mewujudkan masyarakat yang lebih inklusif terhadap disabilitas. (put/lis)

Baca juga:  Kunjungan Balkondes Menurun

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya