alexametrics

Segera Siapkan Branding Kopi Magelang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Pengenalan brand produk untuk dijual ke pasar sangat penting. Pemerintah Kabupaten Magelang tengah menggenjot peningkatan brand kopi Magelang.

“Memiliki brand itu sangat penting dan mempunyai nilai tambah. Hal ini yang sedang kami persiapkan untuk membangun suatu brand yang besar khususnya untuk kopi di Magelang,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Romza Ernawan saat ditemui wartawan koran ini dalam bimtek Peningkatan Kapasitas Petani di Hotel Atria Magelang Rabu (15/9/2021).

Pihaknya bekerja sama dengan Bappeda Kabupaten Magelang akan membuat branding besar dengan manfaat perlindungan indikasi geografis (MPIG). Untuk saat ini akan difokuskan ke kopi arabika, yang akan diberi nama MPIG Arabika Kopi Merapi Merbabu Kabupaten Magelang. “Ini salah satu branding besar kita,” ujarnya.

Baca juga:  Wali Kota Magelang Mengibaratkan Narkoba Seperti Lingkaran Setan

Romza menjelaskan branding ini merupakan nama kopi khas Magelang. Sedangkan untuk branding-branding produk kelompok bisa dibuat sendiri.

Namun, nantinya brand ini akan di bawah naungan MPIG Arabika Kopi Merapi Merbabu Kabupaten Magelang. “Agar kopi Magelang dikenal oleh masyarakat luas,” ucapnya.

MPIG Arabika Kopi Merapi Merbabu Kabupaten Magelang saat ini sedang proses. Ini tahun kedua dan sudah didaftarkan ke Menkumham. Romza mengaku untuk kendala saat ini brand kopi masih masing-masing kelompok tani.

Pihaknya akan merangkul dan bekerja sama dengan pemuda-pemuda tani yang terjun ke dunia kopi milenial, terutama yang menguasai IT. Agar bisa memanfaatkan media digital dalam mempromosikan produk-produk kopi lokal yang dihasilkan.

Baca juga:  Aturan Perjalanan Diperketat, Antarprovinsi Wajib Kantongi Tes Antigen Negatif

“Hal ini dalam upaya mempromosikan branding produk mereka,” ujarnya.

Romza juga mengatakan untuk mengenalkan kopi Magelang menunggu MPIG Arabika Kopi Merapi Merbabu Kabupaten Magelang memiliki sertifikat. Jika sertifikat ini sudah keluar, secara nasional sudah diakui bahwa Magelang mempunyai branding besar yang bernama MPIG Arabika Kopi Merapi Merbabu. Saat ini pihaknya baru memfokuskan untuk branding arabica. (rfk/lis)  

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya