alexametrics


Tiga Kunci Mengantarkan Sugijono Sukses Kelola Toko Oleh-Oleh

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID – Selalu optimistis salah satu kunci menjadi pengusaha sukses. Itu diterapkan Sugijono alias Mas Sugi dalam berbisnis. Dan terbukti, sejumlah toko oleh-olehnya semakin berkembang.

Menjadi pengusaha itu bisa dibilang mudah, bisa dibilang susah. Terpenting adalah perjuangan dan usaha yang keras dalam meraih sukses. “Apapun kondisinya dan keadaannya harus selalu optimis, itu kuncinya. Jika orang itu pesimis akan mempengaruhi kinerja dan pola pikir. Sehingga menyebabkan mudah patah semangat dan mengganggu langkah ke depan,” tegas Mas Sugi.

Kunci itu selalu ditanamkan kepada anak-anaknya. Dengan upaya itu Mas Sugi berhasil memiliki tujuh kios dan tiga toko oleh-oleh serta toko alat-alat rumah tangga.

Selain optimistis ada kunci lain yang selalu dipegang dalam menjalankan usahanya. Yakni jujur, pintar, dan mental kuat. Dalam pekerjaan apapun kata dia, bila menerapkan tiga hal itu akan menemui kesuksesan.  Apabila seseorang memiliki ketiga sifat itu, pasti akan mudah dipercaya.

Mas Sugi menjelaskan jika seseorang pintar, tapi tidak memiliki kejujuran dan bermental kuat, kepintaran yang dimiliki akan sia-sia. “Kemungkinan orang itu hanya bisa minterin orang atau cuma teori saja. Disuruh praktik pasti tidak bisa dan banyak alasan,” ujarnya bersemangat.

Dengan ketiga kunci ini bisa menjadi modal seseorang menjalankan usahanya.

Ia juga mengatakan modal berusaha itu tidak memerlukan uang banyak. Hanya butuh dua hal. Yakni menguasai dan memiliki buyer serta supplier. “Sepanjang Anda memegang buyer dan supplier, usaha yang akan Anda lakukan pasti bisa berjalan,” ujarnya.

Namun untuk mendapatkan kedua ini perlu sebuah kepercayaan. Mencari buyer itu perlu adanya brand image. Meningkatkan brand image ini perlu adanya kepercayaan antara penjual dan pembeli. Sama halnya dengan mencari supplier, juga memerlukan kepercayaan.

“Meningkatkan kepercayaan ini lah, yang tidak bisa dilakukan secara instan. Perlu waktu yang cukup panjang untuk saling mengenal dan menumbuhkan kepercayaan ini,” jelasnya.

Mas Sugi juga berpesan kepada anak muda yang ingin menjalankan usaha. Awali dengan mencari teman atau relasi sebanyak-banyaknya. Seorang pengusaha itu, harus mengenal semua elemen masyarakat. Baik masyarakat bawah, menengah, bahkan kalangan atas. “Selalu menjalin komunikasi yang baik dengan semua orang menjadi langkah awal meningkatkan kepercayaan dan relasi,” jelasnya. (rfk/lis)

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya