alexametrics

Malam Satu Sura, Gunung Tidar Tutup

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Taman Wisata Gunung Tidar Magelang masih ditutup. Meskipun pada Senin (9/8/2021) malam bertepatan dengan malam 1 Sura atau 1 Muharram 1443 H.

“Keputusan ini diambil mengingat kondisi saat ini masih dalam pandemi Covid-19 beserta PPKM level 4 masih berlangsung dan belum tahu apakah akan diperpanjang lagi atau tidak,” ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebun Raya Gunung Tidar Agus Suprijanto, Senin (9/8/2021).

Agus mengatakan sambil menunggu keputusan perihal perpanjangan PPKM, pihaknya tetap akan menutup wisata Gunung Tidar. Pasalnya kerumunan peziarah dikhawatirkan menjadi klaster baru penularan virus. “Sebagai langkah antisipasi agar penyebaran Covid-19 ini dapat ditekan,” ujarnya.

Biasanya, pada malam tahun baru Islam Kebun raya Gunung Tidar selalu ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah untuk melakukan ziarah. Hal ini menjadi berkah kepada masyarakat sekitar wisata. Namun karena saat ini dalam masa pandemi Covid-19 maka kegiatan malam 1 Sura ditiadakan demi mengurangi risiko penularan.

Baca juga:  Ratusan Atlet Ramaikan Kejurnas Tenis Lapangan Piala Wali Kota Magelang

Sementara itu Sumini, pedagang dan penjual oleh-oleh sekitar taman wisata Gunung Tidar mengaku penjualan turun drastis. Padahal biasanya saat malam Sura ini wisata yang datang untuk berziarah cukup banyak. “Bagaimana lagi ya Mas. Kebijakan dari pemerintah seperti itu kami hanya bisa menerima saja,” ujarnya. Ia berharap pandemi segera berakhir dan PPKM ada sedikit pelonggaran. (rfk/lis)  

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya