alexametrics

Di Magelang, Bayi Lahir Langsung Dapat Akta Kelahiran, KIA dan KK

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Aplikasi berbasis android Si Bulan (Aksi Ibu Pulang Bawa Akta Kelahiran) yang dikembangkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang diikutkan seleksi Kompetisi Pelayanan Publik dan Lingkungan tahun 2021.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) beri lampu hijau.

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz memaparkan Si Bulan di hadapan tim panelis independen secara virtual, di ruang Command Center, Selasa, (6/7/2021). Ia juga didampingi Sekda Joko Budiyono, dan Dirut RSUD Tidar Magelang dr Adi Pramono.

Dokter Aziz menyebut, inovasi Si Bulan ini untuk memberi kemudahan,  dan kecepatan pelayanan masyarakat dalam mengurus akta kelahiran. Meningkatkan tertib administrasi kependudukan (adminduk), dan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). Lalu meningkatkan cakupan kepemilikan akta kelahiran, dan pemutakhiran database kependudukan.
“Kita ingin wujudkan pelayanan adminduk yang membahagiakan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga:  Ini Penyebab Ketua DPRD dan Wali Kota Magelang Batal Divaksin

Keunikan aplikasi Si Bulan ini, pemohon bisa mendapatkan akta kelahiran, kartu keluarga (KK), dan kartu Indonesia anak (KIA) sekaligus. Tidak butuh waktu lama untuk mendapatkannya. Kurang dari sehari.

Data yang diinput oleh faskes begitu bayi lahir, langsung diproses oleh Disdukcapil. Kemudian, dokumen dan kartu penting itu langsung diterbitkan. Dan diantarkan ke faskes, tempat pemohon dirawat.
“Sehingga hak-hak bayi langsung terlindungi secara hukum,” imbuhnya.
Output Si Bulan terdiri atas akta kelahiran, KIA, KK dan ucapan selamat atas kelahiran anak dari wali kota (4 in 1), dan dokumen kepesertaan BPJS Kesehatan (JKN KIS) atas nama bayi tersebut.

Kepala Disdukcapil Kota Magelang Larsita menambahkan, sejak diluncurkan tahun 2020 lalu, Si Bulan mampu mencetak 200 akta kelahiran per bulan. Tidak hanya akta, pengurusan KK dan KIA juga dibantu, sehingga hanya hitungan menit, bayi yang baru saja lahir sudah mendapatkan segala fasilitas tersebut.  (put/lis)

Baca juga:  450 Suporter PPSM Magelang Gate One Divaksin

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya