alexametrics

RS Darurat di Sport Center Gelora Sanden Mulai Difungsikan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Lapangan tenis Moncer Serius di kawasan sport center Gelora Sanden Kota Magelang disulap menjadi rumah sakit darurat Covid-19. Sejumlah perlengkapan dan fasilitas kesehatan mulai dipasang kemarin.

Pantauan wartawan koran ini Kamis (1/7/2021) pukul 16.55 tempat tidur pasien, tabung oksigen, karpet, dan selimut sudah tersedia. Selain itu larutan infus, obat-obatan, vitamin, sabun cuci tangan, dan perlengkapan kesehatan lainnya juga sudah berada di lapangan tenis Moncer Serius.

Kasi Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Magelang Mimin Triyanti mengatakan nantinya tempat ini akan menjadi tempat penanganan pasien Covid-19 yang belum mendapatkan perawatan di rumah sakit. Rumah sakit darurat ini dibuka Jumat (2/7/2021) sore ini.

Baca juga:  PPKM Diperpanjang, PKL TVJ Hanya Bisa Pasrah

“Kami sudah menyiapkan 15 tempat tidur untuk pasien Covid-19. Beberapa tabung oksigen, ditambah puluhan tempat tidur lipat. Tiga tenda darurat di area gelora Sanden samping lapangan tenis Moncer Serius,” jelasnya.

Masyarakat sekitar pun sudah mengetahui hal itu. “Iya saya sudah tahu kalau di situ akan dijadikan tempat untuk pasien Covid-19,” ucap Nur Rohman, warga setempat.

Lapangan tenis Moncer Serius ini berkapasitas 50 tempat tidur (TT). Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengaku telah mengkaji pendirian rumah sakit darurat di sini. Menurutnya lebih aman dari ancaman cuaca, seperti hujan, dan panas. Kemudian  fasilitasnya lengkap. Dia  memastikan, RS darurat bisa digunakan mulai hari ini.

Baca juga:  595 Siswa SMP Negeri 9 Magelang Divaksin

Tenaga kesehatan (nakes) yang ditugaskan merupakan lulusan di sekolah kesehatan. Namun belum bekerja pada sebuah instansi. Termasuk dirinya juga siap menangani pasien, di luar jam  kerja sebagai wali kota.

Ia juga menginformasikan RS Lestari Raharja dan RS Harapan telah mengajukan diri menangani Covid-19. “Bahkan RS Harapan sudah menyiapkan tenda darurat untuk kesiapan UGD Covid-19 ” tandasnya. Lalu, dibukanya kembali IGD RSUD Tidar sejak Rabu malam.

Terpisah, Plt Wakil Direktur Pelayanan RSUD Tidar Kota Magelang dr Matsna Assa’adah membenarkan jika IGD RSUD Tidar kembali melayani pasien umum, sekitar pukul 20.00, Rabu malam.  “Pelayanan masyarakat bisa berjalan kembali,” ucapnya.

Dibukanya IGD induk atau umum ini setelah ruang isolasi tambahan siap dipakai. Yakni menggunakan bangsal Edelweis 2. Kapasitasnya 15 TT. (rfk/put/lis)

Baca juga:  Agus Prayogo dan Odekta Naibaho Tercepat di Borobudur Marathon 2021

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya