alexametrics

Tanam Cendana yang Mulai Langka

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Akademi Militer (Akmil) Magelang menanam pohon cendana di area lingkungan Monumen Danmenkorpstar dan Adhimakayasa Akmil Rabu (30/6/2021).

“Kegiatan ini untuk membentuk karakter taruna serta membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Penanaman bibit pohon cendana dalam langkah penghijauan,” ujar Sermatutar Reyhan Wirawan.

Reyhan mengatakan penanaman pohon cendana ini sebagai upaya untuk membudidayakan pohon ini. Pohon cendana sudah terbilang langka dan sulit ditemukan. Apalagi dengan benih cendana yang merupakan tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya. Karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya.“Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan,” jelasnya.

Ia menambahkan kayu cendana yang beraroma wangi, kini sangat langka dan harganya mahal. Di Indonesia, kayu cendana dari Timor juga sangat dihargai. Sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum menggunakan kayu cendana. Usai menanam cendana dilanjutkan ziarah ke TMP Giri Dharmoloyo Akmil Magelang. (rfk/lis)

Baca juga:  Wasiun Nahkodai Pemuda Muhammadiyah

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya