alexametrics

Penyaluran Kredit Mulai Bergairah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Optimisme masyarakat menjalankan usaha terlihat dari tumbuhnya penyaluran kredit. Salah satunya di Bank Magelang. Kenaikan serapan produk kredit usaha ini terasa sejak menjelang Lebaran 1442 Hijriah, sampai sekarang.

Dirut Perumda BPR Bank Magelang Hery Nurjianto menyebut nasabah dari sektor industri kecil menyumbang besar penyaluran kredit. Mereka memanfaatkan produk kredit multiguna untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Plafon pinjamannya di atas Rp 25 juta, sampai ratusan juta.  “Bunganya mulai 0,75 persen per bulan,” ujar Hery, kemarin.

Sektor industri yang memanfaatkan produk ini, di antaranya usaha kerupuk rambak. Kemudian usaha bibit tanaman, pengepul atau tengkulak sayuran, dan sebagainya.

Produk terlaris berikutnya, kredit pemilikan rumah (KPR). Suku bunganya kompetitif. Mulai dari 14 persen per tahun. “Bank Magelang bisa memberikan fasilitas kredit KPR untuk masyarakat di Magelang, dan sekitarnya,” akunya.

Baca juga:  Abadikan Nama Bagus Panuntun di RSUD Tidar, Wali Kota: Semangatnya Pak Bagus Itu Pol-Polan

Di masa pandemi, pihaknya juga masih menyalurkan kredit murah. Yakni kredit Pro-Master. Kredit ini bertujuan membantu pelaku usaha mikro, agar dapat memenuhi kebutuhan permodalan. Sehingga mampu meningkatkan usahanya. “Tentunya, jenis kredit ini sangat bermanfaat di situasi pandemi Covid-19, karena bunganya hanya 0,25 persen per bulan,” imbuhnya.

Di lain sisi, pihaknya masih memperpanjang program relaksasi kepada debitur terdampak Covid-19.  Suku bunga diturunkan, jangka waktu pinjaman diperpanjang, sampai dengan penundaan angsuran pokok. “Ada juga yang kita kurangi jumlah tunggakannya,” ucapnya.

Program relaksasi ini, kata dia, menguntungkan kedua belah pihak. Debitur diberi kelonggaran mengangsur. Sehingga sebagian modalnya bisa diputar untuk meningkatkan usaha. Sementara pihaknya, dapat menjaga kualitas aset produktifnya. Serta  mampu membukukan pendapatan, dan likuiditas bank tetap terjaga dengan baik. (put/lis)

Baca juga:  Ajak KNPI Magelang Bermitra Membangun Magelang

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya