alexametrics

Destinasi Wisata Harus Maksimalkan Konten Digital

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah mengadakan workshop pembuatan konten digital bagi daya tarik wisata, Rabu (16/6/2021) di Hotel Atria, Kota Magelang. Kegiatan ini berlangsung hingga Kamis (17/6/2021). Diikuti pengelola daya tarik wisata dari Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Temanggung, Purworejo, dan Wonosobo.

Worskhop untuk membantu pengelola wisata menyediakan produk digital.  Sebagai respons atas situasi pandemi Covid-19. Mengundang narasumber dari Tripvologue dan blogger. Kegiatan diisi materi terkait creative story telling, fotografi dan videografi dasar, pembuatan virtual tour, serta optimasi media sosial Instagram.

Hanif Andi dari Tripvologue mengatakan, pembuatan konten story telling  untuk memancing kunjungan wisatawan. “Prinsipnya bisa pakai 5W+1H, seperti membuat berita,” tuturnya. Pelaku wisata pun harus tahu kelebihan masing-masing daya tarik wisata agar bisa mengambil sudut paling menarik.

Baca juga:  Undang Peneliti Berkompetisi dalam RUD

Lebih lanjut, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Purwanto menyampaikan, destinasi wisata sebaiknya selalu berinovasi. Terlebih bagi desa wisata. Jika hanya mengandalkan jumlah kunjungan dan penjualan tiket, hasilnya kurang maksimal. Desa wisata harus berupaya meningkatkan pembelanjaan wisatawan.

Menurutnya, lebih baik kunjungan sedikit tapi berkualitas. Ada pembelanjaan di sana dan wisatawan berkunjung lebih lama. “Daripada ramai tapi tidak belanja apa-apa. Ingat, desa wisata tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat,” pungkasnya. (rhy/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya