alexametrics

87 Mahasiswa Untidar Jalani Tes Swab

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Sebanyak 87 Mahasiswa dan seorang dosen Universitas Tidar (Untidar) Magelang menjalani tes swab antigen dan PCR secara masal Selasa (15/6/2021). Tes ini dilakukan menyusul terdapat belasan mahasiswa Untidar terkonfirmasi kasus positif Covid-19 Rabu (9/6/2021) lalu setelah mengikuti gathering di Kabupaten Magelang.

Kepala Biro Umum dan Keuangan Among Wiwoho mengatakan muncul kasus ini karena efek dari kegiatan mahasiswa yang mengumpulkan massa untuk melaksanakan pelatihan. Apalagi gathering yang dilakukan mahasiswa Fakultas Teknik Sipil tersebut, di luar agenda kampus.

“Ini murni kegiatan mahasiswa. Kalau dibilang tanpa sepengetahuan kampus juga bisa. Namun kami terus terang tidak bisa lepas tangan begitu saja,” ucap Among yang juga sebagai Sekretaris Penanganan Covid-19 Untidar Selasa (15/6/2021).

Baca juga:  Kota Magelang Raih Anugerah Pandu Negeri

Among menjelaskan dari Untidar sudah membatasi setiap kegiatan. Tidak ada kegiatan tatap muka baik pembelajaran maupun ekstrakurikuler. Ia menambahkan pihaknya tidak mengetahui secara pasti awal kegiatan gathering yang dilakukan mahasiswa Fakultas Teknik Sipil tersebut. pihaknya mengetahui setelah adanya kejadian yang menyebabkan 17 mahasiswanya terpapar Covid-19.

Ia menuturkan mahasiswa yang ikut gathering sekitar 132 orang ditambah panitia, sehingga ada 150 orang. Untuk target tes swab antigen serta PCR seluruh peserta dan panitia. Namun yang hadir ikut tes 88 orang, 87 mahasiswa dan seorang dosen.

“Untuk mahasiswa lainnya ada yang sudah melakukan tes swab secara mandiri dan ada yang sudah kembali ke asalnya,” ujarnya,

Baca juga:  Pemkot Magelang Siapkan Kota Ramah Anak

Among menyampaikan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Untidar tidak mengizinkan ada kegiatan akademik maupun non-akademik di dalam maupun di luar kampus. Kegiatan akademik pun dibatasi dengan melaksanakan protokol kesehatan ketat.

Kepala Puskesmas Magelang Utara dr Istikomah mengatakan tes swab dan PCR kali ini merupakan tindak lanjut atas laporan pertama klaster gathering mahasiswa Untidar. Ia menambahkan 10 mahasiswa awal yang terkonfirmasi positif langsung menjalani isolasi yang pertama di wisma penginapan. Dari tracing kemudian berkembang menjadi 20 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Sekarang mereka melakukan isolasi terpusat di Hotel Borobudur, karena lebih enak dalam pengawasan,” ucap Istikomah. (rfk/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya