alexametrics

Kuota Zonasi SMP Negeri 1 Kota Magelang Langsung Penuh

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP di Kota Magelang sudah dimulai. Gelombang pertama dimulai Senin (3/5/2021) dan ditutup Kamis (6/5/2021). Selama dua hari kuota zonasi SMP Negeri 1 Kota Magelang sudah terpenuhi.

Kepala SMP Negeri 1 Magelang Nurwiyono Slamet Nugroho mengatakan jumlah siswa yang sudah masuk di SMP Negeri 1 Kota Magelang untuk jalur zonasi sudah terpenuhi kuotanya. Sedangkan untuk prestasi, masih kurang 13 persen. Namun untuk jalur mutasi dan afirmasi masih belum terpenuhi.

“Total untuk daya tampung di SMP 1 Kota Magelang tahun 2021 ada 248 siswa,” jelas Nurwiyono Selasa (4/5/2021).

Nurwiyono menjelaskan untuk syarat jalur zonasi ini memakai titik koordinat antara sekolah dengan rumah tinggal yang dibuktikan dengan kartu keluarga (KK) yang telah bertempat tinggal selama satu tahun atau paling akhir 3 Mei 2020. Kecuali pindahan satu keluarga dan perubahan jumlah anggota keluarga kandung dengan dilampirkan KK yang lama.

“Untuk rentang jarak dari titik koordinat RT wilayah tempat tinggal akan ditarik garis lurusnya ke titik koordinat sekolah yang dituju,” jelasnya.

Sedangkan untuk jalur prestasi kejuaraan yang diikuti harus berjenjang tingkatannya. Nantinya kejuaraan tertinggi yang akan diambil. Jika ada siswa yang mendapatkan juara satu tingkat nasional maupun juara international langsung mendapatkan bintang dan langsung keterima.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang Agus Sujito menjelaskan PPDB di Kota Magelang melalui empat jalur yakni zonasi, afirmasi, perpindahan orangtua atau mutasi, dan prestasi. Prestasi ini terdiri atas prestasi akademik dan nonakademik.

Agus menambahkan kuota untuk SMP di Kota Magelang untuk jalur zonasi 50 persen, jalur prestasi 30 persen, jalur afirmasi 15 persen, dan jalur mutasi lima persen. “Saya berharap untuk kuota ini dapat terpenuhi semua dan merata di setiap sekolah di Kota Magelang,” jelas Agus. (rfk/lis)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer