alexametrics

Komitmen Tak Merumahkan Karyawan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Lesunya industri pariwisata di awal pandemi mengakibatkan bisnis oleh-oleh ikut terdampak. Begitu juga dengan pusat oleh-oleh Endang Jaya. Owner Endang Jaya Kota Magelang Evan Satria mengatakan enam bulan pertama pandemi Covid-19 pemasukan mengalami penurunan drastis. Apalagi pada Februari dan Maret 2020 bisnis oleh-oleh drop karena wisata banyak yang tutup.

“Enam bulan pertama penurunan mencapai 80 persen,” ujar Evan saat ditemui di toko oleh-oleh Endang Jaya di Jl. Jendral Sudirman, Rejowinangun Selatan, Kecamatan Magelang Selatan.

Ia menambahkan baru di bulan Agustus 2020 penjualan mengalami sedikit peningkatan. Namun itu tak berlangsung lama. Ketika pemerintah memberlakukan PSBB, penjualan kembali drop. “Bulan Desember 2020 penurunan yang kami alami hanya 50 persen,” imbuhnya.

Baca juga:  Tak Ada Tilang Selama Operasi Patuh Candi 2021

Evan mengutarakan setelah vaksinasi dan tempat wisata kembali dibuka, perlahan penjualan naik. Meskipun peningkatannya belum signifikan masih di angka 45 sampai 50 persen.

Selama pandemi manajemen tidak pernah berniat memberhentikan karyawannya. Pengaturan jadwal dengan sif, menjadi cara untuk tetap mempertahankan karyawan. Selain itu empat cabang yang dimiliki juga masih tetap bertahan hingga kini. “Saya dan manajemen berkomitmen tidak merumahkan karyawan,” ucap Evan.

Selama pandemi, pihaknya juga tidak menyetok barang dalam jumlah besar. Hal ini untuk menjaga agar kualitas produk tetap bagus. “Jika barang habis, kami baru menambah lagi stoknya. Itu pun kami sesuaikan. Karena kami benar-benar memperhatikan dan berani menjamin kualitas terjaga. Produk selalu baru,” tegasnya.

Baca juga:  Kabar Baik, Semua Objek Wisata di Kendal Boleh Beroperasi

Ia berharap Lebaran tahun ini penjualan meningkat dibanding tahun lalu. Meskipun ada larangan mudik, tapi untuk tempat wisata kabarnya boleh dibuka. Pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan. Ia mewajibkan karyawan selalu menerapkan 5M. Selain itu memberikan pelayanan cek kesehatan berkala kepada karyawannya. (rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya