alexametrics

Larangan Mudik Bikin Pengusaha Bus Tepok Jidat

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Keputusan pemerintah melarang mudik Lebaran tahun ini mengundang respon keberatan dari pengusaha transportasi darat. Pengusaha bus antarkota meminta pemerintah meninjau ulang larangan tersebut.

“Tadinya kami berharap pemerintah memperbolehkan arus mudik balik Lebaran 2021, meski dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Kepala PO Handoyo Magelang Priyono saat ditemui di kantornya Selasa (6/4/2021).

Priyono mengatakan meski berdampak langsung pada ekonomi perusahaan, ia tetap mendukung dan siap tidak beroperasi pada libur Lebaran. Namun, ia berharap pemerintah bisa adil dan tegas melarang seluruh moda transportasi termasuk penggunaan mobil pribadi untuk mudik Lebaran.

Ia memahami pemerintah tegas kalau larangan mudik untuk meredam dan menurunkan angka Covid-19. Artinya seluruh moda angkutan umum darat, laut, udara, kereta api, dan mobil pribadi harus dilarang pula. “Kalau mau dilarang, semua dilarang,” tegasnya.

Bukan tanpa alasan, menurut Priyono, belajar dari tahun 2020 lalu masyarakat banyak yang mudik dengan mobil pribadi. Selain itu diperkirakan angkutan umum plat hitam akan semakin marak. Hal ini juga perlu diantisipasi oleh pemerintah dan kepolisian.

Senada, Ferry pemilik salah satu agen bus di Terminal Tidar Magelang mengatakan pihaknya akan menerima dan mengikuti kebijakan pemerintah. Namun, ia berharap pemerintah bisa meninjau kembali keputusan tersebut.

“Dampak dari pandemi hingga saat ini masih terasa. Saya pribadi ikut aturan pemerintah, tapi mohon dipertimbangkan‎ kembali. Ibaratnya pengusaha ini sudah menangis sampai air matanya habis,” ucapnya saat ditemui di kios berjualan tiket. (rfk/lis)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...