alexametrics

Kepala OPD Pemkot Magelang Digilir Tausiah

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Sekda Kota Magelang Joko Budiyono meminta ASN di lingkungan Pemkot Magelang untuk memakmurkan masjid di kompleks Pemkot Magelang. Namanya Baitul Ma’mur. ASN wajib salat duhur dan azar berjamaah.

“Wajib. Yang di sekitar sini wajib. Ini amanah dari Pak Wali Kota (dr Muchamad Nur Aziz),” kata Joko usai memimpin rapat kemarin.

Imbauan ini memang secara lisan. Tapi mestinya, ASN merespon baik. Salat berjamaah, kata dia, dalam rangka meningkatkan spiritual. “Kalau iman takwa kita baik, kerja pasti jujur, disiplin, tanggung jawab, dan sama teman akan ngemong roso (menjaga perasaan),” ujarnya.

Kabag Kesra Hadi Sutopo menambahkan, tiap instansi memang memiliki fasilitas musala. Sekarang, itu dipakai saat kondisi darurat saja. Meski begitu, musala di tiap gedung kantor harus terawat. “Kalau sedang hujan deras, salat di musala nggak apa-apa,” ucapnya.

Ia bercerita, selepas salat duhur, ada tausiah. Durasi waktunya 7-15 menit. Yang mengisi materi keagamaan adalah kepala organisasi perangkat daerah (OPD), dan kepala bagian. “Mengisinya giliran.”

Puasa nanti, kemungkinan tidak ada lagi pejabat yang bertugas mengisi tausiah. Wakil Wali Kota Magelang Kiai Mansyur yang akan langsung memberi kotbah. “Kegiatan kultum dijadwalkan setelah salat duhur, selama puasa. Sekaligus (Kiai Mansyur) mengajarkan kitab secara beruntun,” ungkapnya.

Pengamatan koran ini, tanda memasuki waktu salat akan diputar melalui pengeras suara. Berisi imbauan menghentikan kegiatan atau aktivitas kerja saat azan berkumandang, dan mengimbau segera menuju ke masjid untuk melaksanakan salat berjamaah. (put/lis)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...