alexametrics

Pemkot Magelang Incar Anugerah Parahita Ekapraya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Pemkot Magelang masih mengincar penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021. Padahal sudah sepuluh kali apresiasi dari pemerintah pusat terhadap pengarusutamaan gender (PUG) itu didapatkan. Beberapa kesempatan menyabet kategori utama.

“Kita sudah 11 kali mengikuti ini,” kata Plt Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang Handini Rahayu, usai mengikuti verifikasi lapangan tim penilai APE secara daringi aula setempat, Kamis, (25/3/2021).

Jika sampai ke tahap verifikasi, artinya persyaratan administrasi, dan data-data pendukung dianggap memenuhi syarat. Tindak lanjut tahapan ini, rekomendasi layak dan tidaknya sebuah daerah itu mendapat penghargaan APE dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA).

Baca juga:  Wali Kota Magelang Cup Tahun Depan Bakal Lebih Matang dan Meriah

Penilaian kesetaraan gender sangat kompleks. Tidak terfokus hanya kepada perempuan. Tapi meliputi anak, lansia, disabilitas, dan orang telantar. Ia optimistis, Kota Magelang memenuhi indikator penilaian. Kepercayaan diri itu meningkat. Pasalnya aturan yang mendukung terwujudnya kesetaraan gender sudah menjadi produk perda sejak tahun 2012. “Secara umum angka indeks pembangunan gender (IPG) kita 85,6. Ini kategori baik,” jelasnya.

Namun demikian, ia masih ingin mengejar angka sempurna 100. Hal-hal yang kurang akan ditingkatkan. Seperti   catatan angka harapan hidup perempuan yang lebih tinggi. Perempuan di usia 78 tahun, laki-laki 74 tahun. Namun angka lama sekolah kaum perempuan masih di bawah laki-laki.

Sementara itu, Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengatakan penghargaan APE ini memicu pemerintah daerah untuk menjalankan program dan kebijakan yang adil. Tidak mengesampingkan gender. (put/lis)

Baca juga:  Siapkan Tiga Hektare Lahan untuk Daur Ulang Sampah

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya