alexametrics

Kampung Pelangi yang Moncer Jadi Nepal van Java

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Nepal van Java tengah melejit. Salah satu objek wisata di Kabupaten Magelang yang menarik perhatian pengunjung. Terletak di Dusun Butuh, Desa Temanggung,  Kaliangkrik.

Dusun ini dianggap mirip Nepal karena susunan rumah warga yang menumpuk ke atas mengikuti kontur tanah pegunungan. Setiyoko, koordinator, objek wisata Nepal van Java mengatakan Nepal van Java mulai dibuka sebagai tempat wisata sejak awal Agustus 2020. Warga tidak tahu kalau dusunnya mirip dengan Nepal. Sebelumnya dinamai Kampung Pelangi maupun Rio de Janeiro. Dengan mewarnai rumah-rumah warga. Tetapi tidak menjual.

Tahun 2019 ada pendaki Gunung Sumbing mengatakan bahwa Dusun Butuh mirip dengan Nepal, tempat yang pernah dikunjungi. Pengelola pun lantas menyematkan nama Nepal van Java pada Dusun Butuh.

Baca juga:  Pengacara Wakili Pencari Keadilan

Lewat media sosial,  banyak orang penasaran. Pengelola tidak mengira bakal ramai. Di awal buka, sehari bisa tembus angka 10 ribu pengunjung. “Kami tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Di Nepal van Java, pengunjung diajak berkeliling dusun sambil berfoto di beberapa spot. Bagi yang tidak kuat berjalan kaki disediakan jasa ojek. Berada di ketinggian 1.600 meter, lereng Sumbing, pengunjung bisa melihat pemandangan Magelang dari kejauhan. Yoko mengaku akan melakukan inovasi agar Nepal van Java semakin menarik. (man/lis) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya