alexametrics

Permintaan Kelinci Tinggi di Masa Pandemi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Damar Triyanto, warga Dusun Citran, Desa Paremono, Mungkid, beternak kelinci sejak 2001. Mulanya menggunakan cara tradisional. Menggunakan pakan rumput dan ampas tahu. Empat tahun belakangan, dia pakai cara lebih modern. Yakni pakan pelet.

Jawa Pos Radar Magelang  berkunjung ke kandang kelinci Damar pada Rabu (17/3/2021) siang. Tercium bau pesing. Namun tidak ada kerumunan lalat di area kandang berukuran 6 m x 12 m ini. Sebab, Damar rutin menyemprotnya dengan obat antikutu.

Selain itu, sistem sanitasinya lumayan bagus. Damar membikin lubang di bawah kandang untuk mengalirkan air kencing ke suatu wadah. Nantinya dijadikan sebagai pupuk cair.

Sekarang ia punya 200 ekor kelinci. Jenisnya hyla dan New Zealand white. Jenis kelinci pedaging. Damar menempatkan kelinci-kelincinya pada kandang panjang yang dibikin sekat-sekat. Untuk kelinci beranak, ukuran kandangnya 90 cm x 67 cm dengan tinggi 40 cm. Sementara kandang pembesaran ada dua tipe. Ada yang berukuran 70 cm x 50 cm dengan tinggi 40 cm. Ada yang berukuran 50 cm x 30 cm dengan tinggi yang sama.

Baca juga:  Satu dan Dua Punya Arti Kemenangan

Damar mengajak wartawan koran ini keliling kandang. Dia lantas mengeluarkan seekor kelinci New Zealand white berbobot sekitar 5 kg dan meletakkannya di atas kandang. Bulu kelinci bertelinga pendek itu halus dan bersih. Badannya juga gembul. Karakternya tenang. Dia tidak lari begitu dikeluarkan dari kandang.

“Seperti bola kan?” ujar sembari menata posisi kelincinya.  “Dia nggak bakal lari. Seperti artis kalau difoto,” kata Damar terkekeh. Bagi Damar, merawat kelinci tergolong mudah. Dia hanya perlu memberi makan dan membersihkan kandang.

Di masa pandemi Covid-19, permintaan bibit kelinci terhitung banyak. Sebulan bisa lebih dari 100 ekor. Kebanyakan datang dari luar Magelang. “Baru bisa memenuhi 50 persennya,” ujar Damar.

Baca juga:  Honor RT RW Cair

Selain bibit, permintaan indukan juga cukup banyak. Dalam sebulan ia bisa menjual 25 hingga 40 ekor kelinci. Itu pun dengan mencari stok di tempat lain. (rhy/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya