alexametrics

Kecelakaan Didominasi Kendaraan Roda Dua

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua dan roda tiga di Indonesia mendominasi. Dari 128 ribu kejadian ada 23 ribu jiwa melayang. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI terus mengampanyekan keselamatan transportasi agar angka tersebut bisa ditekan.

Sekretaris Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Martha Hardisarwono mengajak komunitas Auto Mot Kemenhub menggelar kampanye keselamatan jalan dengan rute wisata Baturaden (Banyumas), Dieng (Wonosobo), Borobudur (Magelang). Sepanjang perjalanan konvoi ini, Kemenhub membagikan helm kepada pengendara yang kedapatan tidak memakai alat pelindung kepala.

“Masyarakat jangan beranggapan yang nggak rajin malah dapat hadiah. Bukan gitu. Kita kasih (helm, red) sambil kita edukasi, ada pembinaan,” kata Martha saat menghadiri seremonial kampanye keselamatan jalan Kemenhub, di Terminal Tidar Kota Magelang Sabtu, (20/1/2021).

Baca juga:  Puskeswan Lakukan Investigasi Penyakit Mulut dan Kuku

Rombongan konvoi pun mencatat jalanan rusak dan berlubang. Agar bisa segera diperbaiki. “Kita informasikan ke pemda melalui Dishub, itu salah satu unsur persiapan hadapi Lebaran,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya menanam 100 pohon peneduh di jalur Wonosobo yang rawan longsor dan menyalurkan bantuan ke masjid.

Ketua Komunitas Auto Mot Kemenhub Rangga Prasetyo Dewanto menambhakan, kegiatan ini erat kaitannya dengan kampanye etika konvoi di tengah pandemi. Ia mengangkat tema “Share the road, ride with health protocols”. “Sebelum kegiatan ini, kita semua sudah divaksin sampai dosis dua,” ujarnya.

Semua peserta memakai masker, dan tetap menjaga jarak. Dia mengimbau kepada masyarakat umum, minimal menjalani tes rapid antibodi maupun antigen sebelum mengikuti touring. Kemudian, memberi edukasi konvoi yang benar. Iring-iringan motor tidak boleh menguasai jalan. Tiap kendaraan harus berbaris zig-zag untuk menghindari kecelakaan.

Baca juga:  Kunjungan Virtual Museum BPK Disambut Antusias

Kepala Dishub Kota Magelang Chandra Wijatmiko Adi menyambut baik kampanye keselamatan berkendara. Salah satunya mendukung pekan promosi Kota Magelang. Dirinya pun mendapat perkembangan informasi seputar mudik Lebaran. “Info terakhir, sepertinya tidak ada angkutan mudik gratis,” jelasnya. (put/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya