alexametrics

Gunung Tidar Mulai Ramai Peziarah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Pengelola Kebun Raya Gunung Tidar membuka keran wisata. Pengunjung dibolehkan masuk tanpa harus mengantongi hasil tes rapid Covid-19. Asalkan mematuhi protokol kesehatan, bersuhu tubuh normal, serta dalam kondisi sehat.

Kepala UPT Kebun Raya Gunung Tidar Agus Suprijanto mengatakan, bulan Rajab mulai menerima banyak pengujung. Terbanyak dari Jawa Timur. Kedatangan mereka ingin berziarah kubur. Baik ke makam Syeh Subakir, makam Kiai Sepanjang, maupun ke makam Kiai Semar. “Tapi ada juga yang ingin berolahraga,” kata Agus, kemarin.

Sejak awal tahun sampai kemarin, Gunung Tidar baru dikunjungi 14 ribu orang. Jumlah ini menurun drastis dibanding tahun lalu. Faktornya karena pandemi Covid-19. Beberapa kali pihaknya harus menutup pelayanan. Menghadapi lonjakan pengunjung menjelang Ramadan, ia sudah memperbaiki jalur pendakian. Paving batu alam disikat. Supaya tidak licin akibat pertumbuhan lumut saat musim penghujan.

Baca juga:  Hadapi Ujian, Genjot Motivasi Siswa

Sigit, pedagang di lokasi wisata mulai merasakan keramaian pengunjung. Terlebih saat hari Sabtu dan Minggu. Suvenir kaus bertuliskan Gunung Tidar juga mulai laku. “Biasanya anak-anak pondok yang beli,” tuturnya sambil merapikan barang dagangan.

Wartawan koran ini juga berpapasan beberapa pengunjung dari Jogjakarta, dan Jawa Tengah. Mereka ada yang kali pertama menaiki bukit setinggi 500 meter tersebut itu.

Hamim, pria asal Kota Gudeg bersama rombongan keluarga penasaran ingin melihat tugu paku tanah Jawa yang berada di puncak. Selain berekreasi, pria berpeci dan berbusana serba putih inin pun ingin berziarah. (put/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya