alexametrics

Pandemi, Permohonan SIM di Kota Magelang Menurun

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Permintaan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) di Kota Magelang selama pandemi Covid-19 mengalami penurunan. Bahkan, aktivitas pembuatan SIM mengalami penurunan hingga 50 persen dari hari biasa sebelum pandemi.

Terlihat di ruang tunggu Satpas SIM Polres Magelang tampak sepi. Pukul 10.49 wartawan koran ini datang, hanya ada enam orang yang menunggu panggilan petugas Satpas.

Saat BAUR SIM AIPDA Agus Susanto datang langsung menjelaskan, selama setahun pandemi ini, pihaknya mengedepankan protokol kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu, wajib bermasker, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, sampai memberikan tanda pada kursi di ruang tunggu untuk menjaga jarak alias physical distancing. “Kami juga selalu melakukan sterilisasi ruangan dengan melakukan penyemprotan disinfektan,” ujarnya.

Baca juga:  Pakai e-Avis, Ujian Teori SIM Bisa dari Rumah

Selain itu, pada Desember 2020. Pembayaran PNBP SIM di Satpas Polres Magelang Kota sudah menggunakan aplikasi berbentuk Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). “Jadi hanya melalui aplikasi QRIS barcode sudah bisa melakukan pembayaran,” jelasnya.

Tujuannya agar pembayaran di sini tidak ada yang dalam bentuk tunai. Serta untuk menghindari kontak langsung. “Alhamdulillah, selama dua bulan pelayanan berjalan lancar dan masyarakat bisa mengikuti,” ucap Agus. (rfk/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya