alexametrics

Kunjungan Virtual Museum BPK Disambut Antusias

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Museum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Kota Magelang melakukan terobosan program kunjungan virtual. Yakni melalui aplikasi daring agar tetap bisa dinikmati masyarakat luas.

Kepala Museum BPK RI Kota Magelang Dicky Dewarijanto menjelaskan masyarakat tidak perlu berkunjung ke museum BPK secara fisik. Karena sudah disediakan sistem kunjungan virtual “Kita pakai aplikasi Zoom untuk kunjungan. Jadi pengunjung terlebih dahulu mendaftar melalui link yang sudah kami sediakan,” ujar Dicky Selasa (3/11/2020).

Meski daring pengunjung cukup antusias. Pada Oktober lalu jumlah pengunjung tembus 600 orang. Kata dia pengunjung dari wilayah di Jawa Tengah, bahkan juga ada yang dari luar Jawa. “Masyarakat cukup antusias untuk mengakses kunjungan virtual Museum BPK RI di musim pandemi ini,” jelasnya.

Baca juga:  Zero Pelanggar, Tetap Intensifkan Operasi

Dicky menuturkan dalam sehari ada tiga kali jadwal kunjungan. Dimulai dari jam 09.00 sampai 14.00 dan hanya buka pada hari Senin sampai Jumat saja. Kata dia setidaknya tiga hari sebelum melakukan kunjungan virtual, pengunjung harus terlebih dahulu mendaftar melalui link yang sudah disediakan agar bisa dibuatkan jadwal kunjungan.

Pandemi Covid-19 justru memacu Museum BPK RI Kota Magelang untuk berinovasi membuat layanan yang memudahkan pengunjung untuk datang. “Pandemi ini membuat kita berinovasi bahwa untuk berkunjung ke museum bisa dari jarak jauh tidak harus repot-repot datang langsung” ujar pria asal Jogjakarta ini.

Dicky menjelaskan sebenarnya pihaknya sudah mengantongi izin buka dari Satgas Covid-19 Kota Magelang, namun ia tidak mau mengambil risiko. Mengingat kondisi yang belum aman secara keseluruhan dari Covid-19. Ia menambahkan selalu berkoordinasi dengan BPK pusat di Jakarta tentang rencana pembukaan museum secara langsung. (cr2/lis/bas)

Baca juga:  Jalur Lama Sibelis Dibuka Lagi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya