alexametrics

Alsintan Dukung Produksi Pertanian

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Tiga kelompok tani (poktan) di Kota Magelang menerima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan). Yakni poktan Ngudi Makmur Kecamatan Magelang Utara, poktan Tunas Jaya Kecamatan Magelang Tengah dan poktan Makmur Selatan Kelurahan Magelang Selatan.

Bantuan berasal dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI berkolaborasi dengan Komisi IV DPR RI. Penyerahan bantuan dihadiri anggota Komisi DPR RI Vita Ervina di aula Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, kemarin (5/10/2020).

Wali Kota Magelang Sigit Widyonidito merinci, bantuan yang diterima poktan Ngudi Makmur berupa satu unit cultivator, satu unit pompa air, lima unit hand spayer dan satu unit mesin penanam padi atau rice transplanter. Sedangkan poktan Tunas Jaya dan Makmur Selatan, masing-masing mendapat satu unit cultivator.

Baca juga:  Kombinasikan Budaya Jawa-Jepang Bikin Batik Makin Kenian

“Bantuan ini diberikan untuk mendukung peningkatan produksi dan produktivitas pertanian di Kota Magelang,” ujarnya usai penyerahan bantuan.

Sigit ingin, kotanya yang minim lahan memiliki inovasi pertanian. Optimalisasi lahan yang turut menjadi perhatian seriusnya. Diperlukan pendampingan instensif oleh Disperpa. Agar target itu tercapai. “Karena lahan kita hanya berkisar 140 hektare saja,” sebutnya.

Komisi IV DPR RI Vita Ervina menjelaskan bantuan ini berkaitan dengan teknologi tepat guna. Sehingga hemat penggunaan kompos, termasuk memperbaiki kualitas produk pertanian. (put/lis/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya