Pemilih Didominasi Kaum Perempuan

181
Basmar Perianto Amron

RADARSEMARANG.ID, Magelang  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang sebanyak 93.648 pemilih. Terbanyak dari kalangan perempuan, yakni 48.739 jiwa pemilih. Sedangkan laki-laki 44.909.

“Jumlah ini tersebar di tiga kecamatan dengan 17 kelurahan dan 233 tempat pemungutan suara (TPS),” ujar Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron kemarin.  Ia akan mengumumkan DPS mulai 19-26 September. Pengumuman ini akan ditempel di kantor-kantor kelurahan dan tempat strategis lain seperti balai RW dan secara daring.”Kita harap, masyarakat bisa memberikan masukan dan tanggapan terhadap DPS ini,” ucapnya.

Demi menyuguhkan data valid, Basmar akan mengundang tokoh-tokoh masyarakat untuk mengikuti uji publik DPS. “DPS ini akan dicermati bersama. Tokoh masyarakat memberikan masukan apakah ada warganya yang sudah punya hak pilih tapi belum masuk dalam daftar pemilih, atau ada yang meninggal tapi masih tercantum,” jelasnya.

DPS ini nantinya akan menjadi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP). Selanjutnya masuk tahapan penentuan Daftar Pemilih Tetap (DPT). (put/lis/bas)