Doakan Arwah Leluhur Bahagia

257
Umat sedang melakukan prosesi upacara ritual Ulambana di TITD Liong Hok Bio Magelang Rabu (9/9/2020). (Puput Puspitasari/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Puluhan umat Tri Dharma di Kota Magelang mengikuti upacara ritual Keng Hoo Ping/Ulambana dan pelimpahan jasa bagi arwah para leluhur. Kegiatan ini terpusat di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio, Magelang.

Ketua Yayasan Tri Bhakti Paul Chandra Wesi Aji menyebut sembahyang ini dilaksanakan di tanggal 15 bulan ke 7 penanggalan Imlek. Sementara TITD Liong Hok Bio memperingati pada tanggal 22. “Sembahyang ini untuk memperingati semua arwah, tanpa terkecuali. Baik yang masih ada ahli warisnya, maupun yang sudah tidak ada ahli warisnya,” ujar Chandra kemarin.

Di tengah pandemi Covid, tidak semua umat bisa mengikuti sembahyang tersebut di kelenteng. Jumlahnya dibatasi. Dilaksanakan secara bergantian. Namun di rumah masing-masing, sembahyang serupa tetap di ada. “Karena kita berharap arwah bisa mencapai kebahagiaan sempurna di sana,” tuturnya.

Prosesi ini diakhiri dengan pembakaran replika kapal sepanjang 5 meter, emas, perak, uang-uangan, dan rumah-rumahan. “Pembakaran kapal ini melambangkan supaya dipakai untuk berlayar di sana. Kita ngirim rumah-rumah, biar dapat rumah di sana, uang dan emas supaya arwah sejahtera di sana,” ujarnya.

Pihaknya juga membuat gunungan makanan. Kali ini dihiasi snak kemasan. Biasanya kue-kue basah. Kemudian ada sekitar 1 ton beras yang akan dibagikan ke orang-orang yang membutuhkan. “Dulu pakai kue moho, sekarang kita ambil yang sederhana,” ujarnya.

Chandra juga punya doa lain yang dipanjatkan. Berharap Covid-19 musnah dari Indonesia. “Supaya ekonomi Indonesia pulih, kegiatan biar berjalan seperti sebelumnya.” (put/lis/bas)