alexametrics

Uji Coba Pembelajaran Daring Radio

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Pemkot Magelang terus menyempurnakan pembelajar daring yang efektif dan efisien. Salah satu cara yang dicoba adalah dengan siaran radio. Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengakui pembelajaran melalui siaran radio tidak memakan kuota internet. Ini juga solusi tepat bagi siswa yang rumahnya sulit jangkauan internet. “Kita harapkan upaya kita ini bisa meringankan beban orang tua,” ucapnya, kemarin.

Ia memilih Radio Magelang FM, milik pemkot yang dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika (Diskominsta) Kota Magelang. “Kita punya radio itu, ya kita manfaatkan untuk perkembangan anak-anak kita yang sekolah,” tuturnya.

Di sisi lain, ia meminta para guru meningkatkan keterampilan, agar transfer ilmu kepada siswa tidak menjadi masalah meski kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Baik daring maupun daring, semua harus berjalan optimal.

Baca juga:  Atlet Unggulan Melaju Mulus

“Kita mengkaji terus lewat media online dan sekarang lewat radio. Karena anak-anak kita harus mengikuti pendidikan terus, jangan sampai terlewatkan,” paparnya.

Dia belum bisa memastikan sampai kapan pembelajaran tatap muka dilaksanakan. Kajian persiapan tatap muka masih terus dalam pembahasan.

Sementara itu, Kepala Diskominsta Kota Magelang Suryantoro menyebut pembelajaran melalui radio dilaksanakan mulai 7 September. Saat ini baru dikhususkan siswa SMP. Sedangkan anak-anak SD sedang mid semester.

Pihaknya mendapatkan jadwal siaran pembelajaran lewat radio dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, yaitu Senin-Sabtu pukul 09.30-11.00 adalah kelas pagi, sedangkan pukul 15.30-17.00 kelas sore.

Pihaknya berharap ke depan ada siaran interaktif atau dialog interaktif antara guru dan siswa di studio. Siaran ini kemudian akan didengarkan oleh masyarakat khususnya kalangan guru dan pelajar. (put/lis/bas)

Baca juga:  Jamselinas X Digelar Secara Virtual, Gowes dari Kota Masing-Masing

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya