alexametrics

Panen Listrik 4 KWH per Hari

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Kota Magelang memenangkan Penghargaan Hemat Energi Listrik dan Air Tahun 2020 kategori Instansi Pemerintah Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Apresiasi ini diberikan Gubernur Ganjar Pranowo kepada Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina tepat di peringatan HUT ke-70 Jateng Sabtu (15/8/2020).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang Arif Barata Sakti menjelaskan, kegiatan hemat energi dan air sudah dilakukan sejak 2017 lalu. Dari sisi implementasi dilakukan sosialisasi gerakan 3M meliputi mematikan listrik, mencabut stop kontak dan memastikan AC minimal di suhu 25 derajat. Kepedulian terhadap aksi penyelamatan bumi ini lolos seleksi dan penilaian daring.

“Gerakan hemat energi dan air yang ada di Balitbang kemudian tertuang dalam sebuah komitmen bersama yang ditandatangani oleh seluruh unsur ASN dan pelaksana,” jelas Arif.

Baca juga:  Hendi Bagikan Vitamin untuk Lansia

Inovasi unggulan hemat energi di Balitbang adalah PLTJR on Grid merupakan hasil Krenova masyarakat pada 2018 atas nama Patra Agung Wirayuda. Inovasi ini berupa pemasangan panel surya penghasil listrik yang langsung terintegrasi atau diintegrasikan dengan meteran listrik di kantor Balitbang melalui sebuah converter (ICA) yang mengubah arus listrik dari AC menjadi DC.

Meskipun dinyalakan, tetapi meteran tidak berjalan bahkan mampu memanen listrik sebesar 4 KWH per hari dari kebutuhan 40 KWH per hari. “Dengan alat ini yang memanfaatkan sinar matahari ini sangat membantu penghematan yang cukup signifikan data pemakaian listrik dan air tiap bulan listrik bisa terpantau dengan baik,” jelas Arif.

Baca juga:  320 Siswa SMK Citra Medika dan 30 Pelajar Papua Divaksin

Adapun beberapa inovasi pendukung pelaksanaan Hemat Energi dan Air di Balitbang antara lain Grey water Treatment, yakni instalasi pengolah limbah rumah tangga dengan sistem fitoteknologi menjadi air layak konsumsi; inovasi bank sampah inti; taman inovasi dan galeri inovasi. (put/ton/bas)

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya