alexametrics


Berdayakan Warga, Latih Budidaya Jamur Tiram

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Mungkid –  Program Pemberdayaan Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) TA 2019/2020 kelompok 24 Universitas  Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) memberikan pelatihan keterampilan budidaya jamur di Dusun Kopeng, Desa Kapuhan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan warga dapat membudidayakan jamur sehingga bisa mengurangi pengangguran. Dan imbasnya akan menaikkan kesejahteraan warga. Serta menjadikan Dusun Kopeng sebagai ikon budidaya jamur tiram di Kabupaten Magelang. Sebab dari data setempat, pengangguran kaum wanita usia produktif, usia15-64 tahun di sekitar 142 jiwa dari jumlah penduduk 390 jiwa.

PPMT kelompok 24 ini dibimbing oleh Dra. Eni Zuhriyah, M.Si. Selain pelatihan melalui kelompok PKK Dusun Kopeng, juga diserahkan bantuan modal untuk mendirikan “Rumah Jamur Dusun Kopeng”.

Pelatihan budidaya jamur tiram disambut hangat warga setempat. Kegiatan dikemas sederhana. Pelatihan ini berskala rumah tangga sehingga memudahkan peserta memahami setiap tahapannya. Dilengkapi simulasi proses pembibitan serta perawatan.

“Ke depan usaha jamur ini sangat memungkinkan untuk dijadikan bisnis rumahan. Selain produk jamur tiram segar, ibu rumah tangga juga dapat membuat produk olahan dari jamur tiram,” tutur Muh. Kaemi, narasumber pelatihan budidaya jamur tiram.

Mata pencaharian warga dusun di lereng Merbabu ini adalah petani sayuran dan perajin tomblok atau  keranjang bambu. Serta buruh bangunan. (lis/bis/bas)

 

Terbaru

Populer