Pengendara Ikut Heningkan Cipta di Jalan

230
Kendaraan di jalan raya akan dihentikan tiga menit untuk mengikuti simulasi detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020 mendatang. (Dyah Ekasari/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang dan Satlantas Magelang Kota menggelar simulasi penghentian kendaraan bermotor selama tiga menit. Aksi ini untuk memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Rencananya dilaksanakan pada 17 Agustus 2020 nanti.

Kepala Dishub Kota Magelang Chandra Wijatmiko Adi akan memberlakukan penghentian kendaraan tepat pukul 10.17 WIB di 22 titik persimpangan. Terdiri dari 17 simpang yang terpasang alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL), dan 5 simpang tanpa APILL.

“Masing-masing akan ditempatkan satu mobil atau motor patroli dari kepolisian, Kodim, Sub Denpom, Dishub dan Satpol PP yang ada sirinenya,” jelas Chandra Kamis (13/8/2020).

Melancarkan kegiatan ini, ia menerjunkan 44 petugas Dishub. Juga didukung 22 personel kepolisian, 8 personel CPM, 22 personel Kodim dan 22 personel Satpol PP. “Total kebutuhan personel sekitar 118 orang,” sebutnya.

Simulasi tersebut menghasilkan evaluasi bahwa instruksi menggunakan rekaman suara tidak maksimal. “Lalu dicoba pakai suara langsung dari operator Area Traffic Control System (ATCS) malah lebih bagus,” imbuhnya. (mg1/mg2/put/ton/bas)