alexametrics

Tarif Rusunawa Kembali Normal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Program gratis biaya sewa rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Kota Magelang berakhir. Tarif sewa yang dipatok Pemkot Magelang kembali normal terhitung Juli 2020. Sekitar Rp 75 ribu sampai Rp 175 ribu per bulan.

Kepala UPTD Rusunawa Kota Magelang Budi Prakoso mengatakan pembebasan biaya sewa rusunawa hanya berlaku selama tiga bulan. April, Mei dan Juni. Kebijakan ini guna membantu warga rusunawa yang terdampak pandemi Covid-19.

Menurutnya, rusunawa adalah hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang belum memiliki tempat tinggal. Namun demikian, tidak membuat malas membayar uang sewa. “Walaupun kemampuannya belum stabil seperti sedia kala, mereka tetap tertib membayar uang sewa seperti biasanya,” kata Budi Rabu (12/8/2020).

Baca juga:  Pilkada Magelang, Sekda: ASN Tak Boleh Mengarahkan Pemilih

Dia menyebut, Rusunawa Potrobangsan dihuni 93 keluarga. Ada 11 keluarga yang mengantre untuk menempati. Beberapa  penghuni sudah keluar dari rusunawa, karena alasan tertentu. Ada yang sudah punya rumah, ada pula yang ekonominya meningkat. “Kalau ada yang kosong, kita langsung menghubungi yang antre,” ucapnya.

Mekanisme pendaftarannya mudah. Di antaranya, mengajukan permohonan tertulis kepada UPTD Rumah Susun dengan melampirkan beberapa syarat yang ditentukan, memenuhi panggilan wawancara, kemudian verifikasi. Jika terseleksi, diminta untuk menandatangani perjanjian sewa.

“Untuk waktu tunggunya bisa saja lama, bisa cepat, tergantung jika ada warga yang keluar. Pernah sampai ada yang menunggu 1 tahun walau berada di antrean nomor 2,” bebernya. (mg1/mg5/mg2/put/ton/bas)

Baca juga:  Cegah Salah Tembak, Kemampuan 300 Personel Diasah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya