SMK Citra Medika Kebanjiran Order Hand Sanitizer

Siswa SMK Citra Medika Kota Magelang sedang meracik bahan hand sanitizer di laboratorium sekolah. (Puput Puspitasari/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Magelang – SMK Citra Medika Kota Magelang kebanjiran order cairan pembersih tangan (hand sanitizer). Menyusul wabah virus korona.

Kepala SMK Citra Medika Kota Magelang Hendratno Widhiatmanto menyebut, jumlah pesanan mencapai 200-500 botol per hari. Berbeda pada hari biasa hanya memproduksi sekitar 10-50 botol kemasan 30 mili per hari. Pesanan datang dari masyarakat umum, pelajar, instansi pemerintah hingga swasta.

“Kelangkaan hand sanitizer di pasaran membuat kami prihatin, sehingga kami memproduksi secara masal,” kata pria yang akrab disapa Hendro itu.

Ia mengaku kewalahan karena sulit mendapatkan bahan baku. Termasuk botol kemasan. Ia tak menampik jika kenaikan harga bahan baku, membuat harga hand sanitizer ikut naik. Selain itu, pihaknya juga memproduksi minuman herbal dari  rempah-rempah. Minuman ini diyakini dapat menjaga imunitas tubuh.  “Yang kita lakukan ini untuk kepedulian, nggak ada unsur bisnis,” imbuhnya.

Seorang siswa kelas X Kompetensi Farmasi, Syafa Chasna mengaku senang bisa terlibat dalam produksi hand sanitizer. Menurutnya, produksi sangat mudah. Tinggal mencampurkan bahan-bahan seperti alkohol 70 persen (etanol) lidah buaya, dan kemangi. Saat ini banyak resep dan varian yang sudah diinovasi, sehingga dia mendapat ilmu baru. “Kalau alkohol langka, bisa pakai daun sirih atau daun kemangi,” bebernya.

Sementara, seorang warga, Mei Ekawati, 35, mengaku kesulitan mendapatkan hand sanitizer. Itu sebabnya, ia memasan di sekolah ini. “Saya cukup cemas dengan virus korona, dan butuh hand sanitizer. Ya untuk mencegah, dan menjaga kebersihan diri dan keluarga,” ujarnya. (put/zal/bas)

 

Tinggalkan Balasan